ABC

Sydney Akan Menjadi Tuan Rumah Invictus Games 2018

Sydney akan menjadi tuan rumah Invictus Games tahun 2018, sebuah pekan olahraga internasional yang dibuat oleh Pangeran Harry dari Inggris untuk para veteran yang menderita cedera ketika bertugas.

Pangeran Harry membuat pengumuman tersebut dalam sebuah pesan video, yang juga berisi pesan dari bintang pop Australia Kylie Minogue, kapten tim rugby Australia Stephen Moore dan beberapa anggota tentara Australia.

"Kami memiliki tiga kriteria penting, pertama ini harus diselenggarakan di sebuah kota yang sudah terkenal sebagai ikon, kota yang sudah dikenal dunia." kata Harry dalam video tersebut.

"Kedua, harus dilakukan di kota yang memiliki sejarah militer yang membanggakan, yang akan menerima para peserta dari seluruh dunia dengan tangan terbuka."

"Dan akhirnya, kami ingin mengunjungi sebuah kota dimana penduduknya sangat mendukung kegiatan olahraga."

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Invictus Games 2018 Announcement

Kylye Minogue mengatakan dia sangat 'bangga' bahwa pesta olahraga ini akan dilangsungkan di Sydney.

"Tetapi tidak perlu memberitahu apa yang harus dilakukan warga Australia, mereka sudah tahu." kata Minogue sambil bercanda.

Kegiatan ini diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 500 peserta dari 17 negara.

Kylie Minogue menyambut baik dipilihnya Sydney menjadi tuan rumah Invictus Games
Kylie Minogue menyambut baik dipilihnya Sydney menjadi tuan rumah Invictus Games

Supplied: Invictus Games

Pemerintah Federal Australia menyambut baik dipilihnya Sydney sebagai tuan rumah, dengan Menteri Pertahanan Marise Payne mengatakan kontribusi yang dibuat oleh para peserta harus didukung.

"Pekan olahraga seperti ini sangat membantu dalam konteks kesehatan mental positif dalam rangka rehabilitasi, membuka jalan kembali ke dunia setelah seseorang menderita cedera atau penyakit, dan kita terus bertugas atau melakukan hal lain." katanya.

"Pesta olahraga ini memiliki masa depan baik."

Invictus Games ini pertama kali diadakan di London di tahun 2014, dan di tahun 2016 diadakan di Orlando, Florida.

Kegiatan ini mendapat perhatian dunia setelah Pangeran Harry, Ratu Elizabeth, Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle Obama saling berbagi tantangan lewat sosial media menjelang upacara pembukaan.

Diterjemahkan pukulm 11:10 AEST 14/11/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini