ABC

Surat berusia 133 tahun tentang Ned Kelly dipamerkan

Surat berusia 133 tahun yang menjelaskan saat-saat terakhir Ned Kelly bersama kelompoknya, Ned Kelly's Gang, di Glenrowan, Negara Bagian Victoria, Australia, akan dipamerkan untuk pertama kalinya di Melbourne. Surat itu ditulis oleh seorang pegawai bank, Donald Sutherland, yang dikirim ke orangtuanya yang tinggal di Scotlandia.

Kelompok geng Ned Kelly ini terakhir kali beroperasi di Glenrowan, kota kecil yang terletak di Wangaratta, 184 kilometer timur laut kota Melbourne.

Donald Sutherland berada di Glenrowan dan melihat pengepungan kelompok geng tersebut. Ia juga sempat menyaksikan Ned Kelly yang terluka, terbaring dikelilingi ketiga saudara perempuannya.

Surat itu sudah berada di tangan keluarga Sutherland dari sejak surat itu diterima di tahun 1880, tapi kini disumbangkan ke perpustakaan negara bagian Victoria.

Donald Sutherland menulis dalam suratnya:

Ned tidak kelihatan sebagai seorang pembunuh dan buronan. Ia tampak seperti pria yang sangat kuat, berusia sekitar 27 tahun, rambutnya hitam dan berjanggut, dengan mata dan wajah yang lembut. Hanya mulutnya yang tampak keras dari wajahnya.

Saya merasa kasihan melihatnya terbaring ditembus peluru dan masih menunjukkan tanda-tanda kesakitan. Tiga saudara perempuannya juga berada di sana - Skillion, Kate Kelly dan adik perempuannya. Kate berada dekat kepalanya sambil memegang lehernya, sedangkan kedua lainnya menangis dalam kesedihan yang teramat sangat....

Editor naskah perpustakaan negara bagian Victoria, Kevin Molloy, mengatakan keluarga Sutherland menyimpan surat tersebut dengan hati-hati dan meminta agar surat tersebut dipamerkan ke publik.

Sejarawan Alex McDermott mengatakan surat itu memberi gambaran baru pada kisah Ned Kelly. Surat itu akan dipamerkan di perpustakaan yang terletak persis di tengah-tengah Kota Melbourne, mulai pekan depan.