ABC

Supermarket Australia Naikkan Harga Susu Untuk Bantu Petani Kekeringan

Jaringan supermarket besar Australia Woolworths akan menaikkan harga susu 10 sen per liter mulai pertengahan Oktober, dan tambahan kenaikan tersebut akan diberikan kepada petani yang sedang kesusahan karena kekeringan.

Tindakan Woolworths ini mendapat pujian dari berbagai pihak, dan pesaing terberat Woolworths di Australia Cole juga akan melakukan hal yang sama, namun dalam produk yang lebih terbatas.

Saat ini susu murni yang dijual Woolworths per liter dijual $ 1 (sekitar Rp 10 ribu), dan nantinya akan dinaikkan menadi $ 1.10 per liter, dan untuk 2 liter dijual $ 2.20, dan 3 liter $ 3.30.

Usulan menaikkan harga 10 sen tersebut disampaikan oleh seorang peternak Shane Hickey dri Kyogle di New South Wales.

Dan sekarang apa yang diputuskan oleh Woolworths dan Coles disambut dengan gembira oleh Hickey.

"Saya betul-betul senang karena mereka mau mengambil inisiatif ini."

"Banyak peternak sudah lama mengalami rasa frustrasi karena ini seharusnya sudah terjadi sebelumnya, karena kalau kita pergi ke beberapa daerah di NSW seperti Darling Downs, situasinya sangat buruk dan mereka sangat membutuhkan uang sekarang."

"Semua orang tahu kami mendapat bayaran lebih rendah 20 persen dari seharusnya, dan nilai penjualan susu sangat rendah, dan seluruh petani memerlukan uang sekarang, dan supermarket tidak berbuat apapun."

Namun Hickey mengatakan 10 sen per liter tersebut tidaklah bermakna banyak dan mereka memerlukan kenaikan harga 20 sen untuk bisa menutup seluruh pembiayaan.

"Sepuluh sen adalah awal, saya berdoa kepada Tuhan agar supermarket bisa melihat susu itu bernilai, dan orang ingin membelinya." kata Hickey.

Woolworths mengukuhkan bahwa harga jual ekstra 10 sen tersebut akan diberikan langsung kepada pemasok susu segar mereka yang berasal dari daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

Menteri Pertanian Australia David Littleproud mendukung keputusan Woolworths dan mengatakan ini adalah kemenangan bagi peternak sapi perah.

Ketika Woolworths pertama kali menyatakan akan menaikkan harga susu, Coles mengatakan bahwa mereka sudah memberikan bantuan yang memadai kepada para petani yang mengalami kekeringan.

Namun hari Kamis (20/9/2018) Coles mengatakan akan mengikuti jejak Woolworths dengan menaikkan harga susu, namun hanya untuk jenis 3 liter produksi sendiri.

Coles menaikkan harga dari $ 3 menjdi $ 3.30 mulai dari sekarang sampai akhir tahun, dengan 100 persen kenaikan akan diberikan kepada petani yang menghadapi masalah.

Juru bicara Coles mengatakan jaringan supermarket selalu mendukung petani Australia.

"Coles dan pelanggan kami sudah memberikan $ 12 juta untuk bantuan mengurangi kekeringan, termasuk $ 5 juta dari Coles Nurture Fund untuk membantu petani langsung." katanya.

"Coles selama beberapa tahun sudah menjual susu dengan persentase penjualan diberikan kepada peternak sapi perah di Victoria, Australia Selatan dan Australia Barat."

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini