ABC

Sumbang HP Bekas Untuk Amal Makanan Gratis

Sebuah Inisiatif nasional yang mendorong orang untuk mendaur ulang ponsel lama mereka diharapkan dapat mengatasi masalah sampah dan kelaparan pada saat bersamaan.

Penyelenggara kampanye ‘Mobile for a Meal’  ini bertekad untuk setiap telepon yang didaur ulang pada musim panas ini, sebuah makanan akan disumbangkan untuk seseorang yang membutuhkannya.

Dengan perkirakan ada sekitar 23 juta ponsel bekas yang tergeletak di laci warga di seluruh  Australia, program ini bisa berdampak besar bagi lingkungan dan orang-orang akan mendapatkan keuntungan.

"Nilai tersebut berasal dari mengurangi kebutuhan untuk menambang logam mulia ini [yang digunakan di ponsel]," kata manajer MobileMuster Spyro Kalos.

HP bekas
Diperkirakan ada sekitar 23 juta ponsel bekas dan rusak di Australia.

ABC Radio Sydney: Luke Wong

MobileMuster telah bekerja sama dengan organisasi penyelamatan makanan nirlaba OzHarvest untuk menjalankan program ini.

Gerakan Perdana kampanye ini tahun lalu berhasil mengumpulkan 60.000 ponsel bekas, dan menghasilkan makanan gratis dalam jumlah yang sama.

Tahun ini mereka menargetkan mencapai 70.000 ponsel pada akhir Februari.

Fiona Nearn, juru bicara OzHarvest, memperkirakan bahwa lebih dari tiga juta orang Australia mengalami kerawanan pangan setiap tahunnya.

Suasana relawan di dapur tim OZ harvest
Ribuan makanan untuk orang-orang yang membutuhkan disiapkan di dapur OzHarvest di Sydney.

ABC Radio Sydney: Luke Wong

Dia mengatakan peluncuran inisiatif tersebut juga merupakan sebuah peringatan yang sangat tepat waktunya bagi masyarakat untuk mengingat limbah yang dihasilkan selama musim perayaan Natal.

mangkuk berisi makanan
Untuk setiap ponsel tua yang disumbangkan ke program ini, makanan gratis akan dikirimkan ke seseorang yang membutuhkan.

ABC Radio Sydney: Luke Wong

Apa yang terjadi dengan ponsel daur ulang?

Spyro Kalos mengatakan ponsel bekas yang diserahkan akan dihancurkan dan 99 persen material ponsel yang dapat didaur ulang akan digunakan kembali.

Dia juga ingin memastikan pendonor tidak akan memiliki masalah dengan keamanan data pribadi mereka.

"Kami tidak pernah menjual atau menggunakan kembali apapun yang kami kumpulkan dan karena itulah kampanye ini aman dan terlindungi." katanya.

Sementara skema daur ulang ponsel yang didanai industri memiliki titik penyerahan di seluruh Australia, dia mendesak konsumen untuk melakukan peran mereka dalam memastikan program tersebut berjalan dengan baik.

"Sebagai konsumen kita memiliki tanggung jawab bahwa ketika kita tidak lagi membutuhkan sebuah produk maka kita mendaur ulang produk itu secara bertanggung jawab."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.