ABC

Suburban Melbourne yang Dulu Murah Tak Lagi Terjangkau

Banyak kawasan pinggiran kota Melbourne yang dulu murah kini tidak bisa dijangkau oleh orang-orang berpenghasilan rendah yang ingin menyewa rumah.

Meskipun terjadi ledakan dalam pembangunan apartemen, semakin sedikit rumah dengan satu dan dua kamar tidur yang terjangkau daripada 10 tahun yang lalu.

Ini adalah temuan dari analisis oleh Council to Homeless Persons (CHP) dari laporan sewa terbaru dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Victoria.

CHP menemukan ada 10 area pemerintah lokal (LGA) di Greater Melbourne di mana seseorang yang mendapat manfaat Centrelink dapat membeli rumah dengan satu kamar tidur, dibandingkan dengan 20 dekade yang lalu.

LGAs with affordable one bedroom rentals

LGAs with affordable one bedroom rentals 2007

ABC

LGAs with affordable one bedroom rentals

LGAs with affordable one bedroom rentals 2017

ABC

Banyak LGA yang tidak terjangkau harganya berada di daerah pinggiran kota yang secara historis terkait dengan harga sewa yang lebih rendah seperti Knox, Brimbank, dan Yarra Ranges.

Pada bulan Desember 2007 seseorang yang mencari rumah di Greater Geelong memiliki pilihan 74 unit satu kamar yang tersedia, tetapi satu dekade kemudian mereka bersaing satu banding tiga.

Orang tua tunggal penerima manfaat Centrelink yang mencari rumah keluarga di Greater Dandenong dapat menyewa satu dari 124 rumah dengan dua kamar tidur di tahun 2007 tetapi pada tahun 2017 jumlahnya menjadi 30.

Penduduk Heathmont, Laura mengatakan kepada ABC Jon Faine dari Radio Melbourne bahwa dia hanya bisa membayar sewa dengan bantuan dari orang tuanya.

"Saya seorang ibu tunggal, saya punya anak cacat, saya berusaha kembali bekerja.

Lebih banyak rumah murah dibutuhkan

"Masalah yang dihadapi Australia berasal dari demografi, upah dan keuangan," kata Dr Matthew Palm, anggota peneliti dari Fakultas Arsitektur, Bangunan, dan Perencanaan Universitas Melbourne.

"Orang-orang hidup lebih lama, jadi perumahan yang biasanya berubah untuk keluarga muda tidak berbalik.

"Secara finansial, Anda punya banyak modal membanjiri pasar [dari] investor yang mencari untung.

"Juga, upah belum sejalan dengan meningkatnya biaya perumahan."

Dia mengatakan ada kebutuhan bagi pemerintah untuk memfasilitasi pembangunan lebih banyak perumahan untuk pasar segmen bawah.

Sarah Toohey dari Union Community Housing mengatakan pemerintah belum membangun perumahan publik yang cukup dalam 20 tahun terakhir.

"Kita, di tahun 50-an dan 60-an, membangun perumahan sosial sebagai hal yang biasa dari tahun ke tahun," katanya.

"Itu mulai menurun pada 1990-an jadi sekarang kita memiliki sistem perumahan sosial yang membentuk kurang dari 5 persen dari total pasar perumahan Australia."

Foto udara Melbourne
Pemandangan dari udara kota Melbourne dari daerah pinggiran kota di tenggara.

774 ABC Melbourne: Simon Leo Brown

CHP menyerukan kepada Pemerintah Victoria untuk mempercepat Program Pembaruan Perumahan Publik yang kontroversial.

Dalam program ini, blok-blok perumahan publik yang sudah tua akan dihancurkan dan digantikan oleh pembangunan yang lebih tinggi dan lebih padat yang berisi campuran perumahan umum dan pribadi.

Ada kekhawatiran atas rencana tersebut yang melihat banyak lahan perumahan publik negara dijual kepada pengembang swasta dengan imbalan peningkatan 10 persen dalam persediaan perumahan publik.

Proyek serupa di Ashburton tahun lalu memicu protes, dengan penduduk setempat mengeluh tentang peningkatan ketinggian dan kepadatan pembangunan baru.

Penyelidikan parlemen mengenai program ini akan dilaporkan pada bulan Juni.