ABC

Steve Axford, Fotografer Australia Yang Populer Berkat Foto Jamur

Tanaman ini bisa jadi berukuran sangat kecil dan beberapa di antaranya bahkan buruk rupa -tetapi bagi fotografer Steve Axford, jamur adalah keindahan yang kini menjadi perhatian dunia.

Steve mulai memotret hutan hujan di sekitar Lismore, di pantai utara New South Wales, sejak sekitar 10 tahun yang lalu dan di masa pensiunnya, hobi ini lantas menjadi obsesi.

Langkah berikutnya bagi Steve adalah untuk menemukan cara mengabadikan keindahan jamur, yang menunjukkan siklus hidup dari tanaman ini.

"Saya punya kamar mandi tak terpakai yang saya pikir jamur akan tumbuh cukup baik di dalamnya, jadi saya bisa membawa batang kayu dan menempatkannya di kamar mandi lalu jamur bisa tumbuh dan saya bisa mengambil foto time-lapse," kata Steve.

"Yah saya melakukannya dan itu berjalan baik, dan sejumlah tanaman tumbuh dari sana," imbuhnya.

Foto time-lapse jamur yang dibuat Steve telah menyebar luas di dunia maya, dan beberapa orang bahkan menyadari bahwa ia menemukan tanaman yang tak pernah terlihat sebelumnya.

Fotografer jamur ini juga telah menggunakan bakat bercocok-tanamnya di luar negeri, di mana ia membantu para ilmuwan mendokumentasikan spesies langka di hutan hujan China dan bahkan berkolaborasi dengan program Planet Earth II BBC.

Joanne Shoebridge dari Australia Wide bertemu dengan Steve Axford untuk melihat apa itu fotografi jamur.

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

YOUTUBE: Video Time-Lapse Jamur

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.