ABC

Stadion Sepak Bola Sydney Batal Diruntuhkan

Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) memutuskan membatalkan rencana awal mereka untuk menghancurkan Stadion Olimpiade Sydney dan sebaliknya memilih untuk memugar fasilitas tersebut.

Menteri Utama NSW, Gladys Berejiklian menghadapi tekanan kuat terkait rencana kebijakan senilai $ 2 miliar atau setara Rp 21 triliun untuk meruntuhkan stadion yang berkapasitas 80.000 tempat duduk di Homebush, Sydney, NSW.

Meski demikian, Pemerintah NSW berkeras akan terus maju dengan sejumlah rencana untuk menghancurkan dan membangun kembali Stadion Sepakbola Sydney di Moore Park, dimana pengerjaan proyek tersebut diharapkan dapat dimulai akhir tahun ini.

Gladys Berejiklian mengumumkan tentang "dua pertiga" dari Stadion Olimpiade itu akan diperbaharui, dan mengatakan rencana baru ini akan dapat menghemat dana pajak warga hingga $ 500 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun.

"Ini akan mengubah suasana seluruh stadion," katanya.

"Tapi yang penting pemugaran itu akan menyediakan stadion berbentuk persegi panjang itu dengan fans yang bisa lebih dekat menonton pertandingan di stadium tersebut. Itulah yang diperlukan untuk stadion kelas dunia."

Stadion Australia Sydney
Stadium Australia adalah pusat perhelatan Olimpiade Sydney tahun 2000 lalu.

AAP: Julian Smith

Perubahan keputusan yang diambil Pemerintah NSW ini diumumkan setahun menjelang pemilihan negara bagian berikutnya.

Kabinet menandatangani rencana pemugaran stadion ini pada November lalu, namun, kebijakan tersebut memicu perpecahan di kalangan Pemerintah NSW.

Menteri Utama Gladys Berejiklian mengatakan pemodelan awal telah menunjukkan renovasi lengkap dari tempat tersebut dan akan menelan biaya lebih banyak ketimbang menghancurkan dan membangun kembali sebuah stadion baru.

Gambar impresi dari rancangan bangunan stadion sepak bola Sydney
Gambar impresi dari bagian dalam rancangan bangunan stadion sepak bola Sydney yang baru di Moore Park.

Disediakan: Pemerintah NSW

'Mengakomodasi aspirasi warga'

Stadion Australia menurut rencana akan dihancurkan pada 2019 dan akan menelan biaya $ 1,3 miliar.

"Kami menyimak aspirasi masyarakat, kami tahu masyarakat akan berpikir rencana itu terlalu banyak menyedot anggaran,” kata Berejiklian.

Pada konferensi pers di Sydney, NSW pada Kamis (29/3/2018) sore ini, Gladys Berejiklian menolak meminta maaf atas perubahan tersebut.

"Kami tidak meminta maaf karena mendengarkan masyarakat dan melakukan pekerjaan rumah kami," katanya.

Menteri Utama New South Wales, Gladys Berejiklian
Menteri Utama New South Wales, Gladys Berejiklian menuai sorotan terkait besarnya anggaran pembangunan kembali stadion sepak bola Sydney.

ABC

Sementara itu, Walikota Sydney, Clover Moore mengatakan dia masih belum melihat rencana bisnis yang komprehensif untuk membangun kembali atau renovasi stadion sepak bola Sydney.

"Tidak ada perincian anggaran sehingga tidak mungkin untuk melakukan tinjauan independen terhadap anggaran yang diajukan itu, dan setelah semua ini berjalan, Pemerintah NSW masih tidak dapat menyusun rincian anggaran mereka sehingga mereka dapat mengklaim impas," katanya.

"Untuk semua uang ini, Pemerintah NSW memperkirakan hanya akan terjadi peningkatan sebesar 15 persen dari yang diperkirakan - tanpa penjelasan tentang bagaimana mereka akan menarik lebih banyak event atau bagaimana mereka akan mengatasinya.”

Pemimpin Oposisi NSW, Luke Foley mengecam pengeluaran tersebut dengan  berulang kali mengatakan dia akan lebih memilih mendanai sekolah dan rumah sakit daripada stadion jika terpilih tahun depan.

Tapi garis pertempuran tidak hanya ditarik antara pendanaan kesehatan dan pendidikan versus olahraga, perdebatan juga menyoroti sisi geografis ketika Foley mengklaim Pemerintah lebih memprioritaskan daerah pinggiran timur Sydney - di mana Stadion Sepakbola Sydney berada – ketimbang kawasan di barat Sydney.

Pemimpin Oposisi dari Partai Buruh, Luke Foley, di depan bus kampanye barunya.
Partai Buruh meluncurkan kampanye pemilihan anti-stadion yang terpampang di sebuah bus beberapa waktu lalu.

ABC News: Jean Kennedy

Setelah selesai dipugar, Stadion Sepak Bola Sydney diharapkan akan mampu mengakomodasi 45 ribu orang penonton.

Menteri Utama NSW, Gladys Berejiklian juga mengumumkan grand final liga rugby nasional (NRL) akan tetap digelar di Sydney selama 25 tahun ke depan, dan mengatakan kota itu akan kehilangan peristiwa besar jika pemerintahnya tidak berinvestasi di stadion.

Lembaga infrastruktur independen di New South Wales bertugas menilai berbagai rencana bisnis untuk kedua tempat tersebut.

CEO NRL Todd Greenberg senang dengan pengumuman itu.

"Tentu saja saya lebih suka melihat stadion baru yang dibangun di Sydney Olympic Park sesuai dengan Nota Kesepahaman kami," katanya.

"Tapi ini tetap program infrastruktur terbesar yang pernah ada, yang memberi penggemar kami stadion baru dengan berbagai peningkatan fasilitas didalamnya."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.