ABC

Sosok Penerima Penghargaan Australia Of The Year 2018

Fisikawan kuantum, Profesor Michelle Yvonne Simmons, yang karyanya telah digembar-gemborkan mengantarkan Australia pada "perlombaan menuju ruang angkasa di era komputasi", dinobatkan sebagai tokoh warga Australia terbaik tahun ini atau Australian of The Year  tahun 2018.

Selain Profesor Michelle Yvonne Simmons, Eddie Woo (kategori Pahlawan Lokal Australia), Samantha Kerr (kategori Anak Muda Australia) dan Dr Graham Farquhar AO (kategori Warga Senior Australia) juga menerima penghargaan serupa dalam sebuah upacara penyerahan di Canberra Kamis (25/1/2018) malam.

Sejak tiba di Australia dari Inggris pada tahun 1999, karya Profesor Simmons di departemen fisika kuantum Universitas New South Wales (UNSW) telah membantu mengembangkan teknologi terkemuka dalam skala global.
Lima tahun yang lalu, Profesor Simmons dan timnya mengembangkan transistor pertama di dunia yang terbuat dari satu atom tunggal, dan juga kawat tertipis di dunia.
Sekarang dia sedang mencari cara untuk membangun komputer kuantum yang mampu memecahkan masalah dalam hitungan menit, yang jika tidak akan memakan waktu ribuan tahun.

Peraih penghargaan 'Australian of the Year 2018' Michelle Yvonne Simmons
Peraih penghargaan 'Australian of the Year 2018' Michelle Yvonne Simmons berharap bisa membangun komputer kuantum.

Jordan Haynes

Penemuan semacam itu berpotensi merevolusi perancangan obat, peramalan cuaca, kendaraan nirawak  dan kecerdasan buatan.
Dalam pidato penerimaannya Profesor Simons mengatakan bahwa dia merasa terhormat menerima penghargaan tersebut sebagai orang Australia yang lahir di luar negeri.

"Kami telah berkali-kali membuktikan bahwa para periset Australia memiliki beberapa keunggulan unik," katanya.
"Kami berkolaborasi melintasi batas tapi kami juga bersaing keras. Kami membumi, kami dinilai berdasarkan hasil dan kami percaya pada apa yang nyata.

"Ketidaksukaan kita terhadap otoritas berarti kita berpikir untuk diri kita sendiri. Bagian yang terbaiknya adalah, kita siap untuk memberikan tantangan berat itu."
"Saya sangat percaya tidak ada tempat lain di dunia ini yang lebih baik untuk melakukan penelitian ilmiah dan menantang apa yang mungkin terjadi."

'Cara berpikir wanita berbeda"

Selain perannya sebagai salah satu ilmuwan top dunia, Profesor Simmons adalah seorang aktifis bagi gadis-gadis muda yang juga ingin berkarir di bidang sains dan teknologi.
"Sepanjang karir saya, saya menemukan orang sering meremehkan ilmuwan wanita," katanya.

"Dalam beberapa hal itu menjadi suatu keuntungan bagi saya, karena saya bisa bebas dari sorotan dan telah mampu melanjutkan sesuatu. [Tapi] saya juga sadar ketika seseorang mulai percaya pada apa yang dipikirkan orang lain tentang mereka, itu bisa menjadi ramalan yang akan terwujud dengan sendirinya."

"Itulah sebabnya saya merasa penting untuk tidak dibatasi oleh harapan orang lain terhadap diri Anda dan siapa Anda."

Kategori Pahlawan Lokal Australia — Eddie Woo

Sebagai kepala guru matematika di Sekolah Menengah Cherrybrook Technology di barat laut Sydney, New South Wales (NSW), Eddie Woo adalah guru matematika paling terkenal di Australia.
Pada tahun 2012 ia mulai mengunggah video secara online untuk seorang pelajar yang sakit karena kanker dan kehilangan banyak waktu belajar di sekolah, namun tak lama kemudian ia meneruskan video-video itu ke seluruh Australia dan dunia internasional.

Saluran videonya bernama ‘Wootube’ sekarang memiliki lebih dari 100.000 pelanggan dan sudah disaksikan telah dari 8 juta penonton di seluruh dunia.
Woo membanggakan dirinya dalam membuat pelajaran matematika menyenangkan dan menarik bagi orang muda untuk terlibat dalam matematika dengan membuatnya mudah dikaitkan dengan hal sehari-hari dan menarik.
Secara khusus, pengajarannya menjadikan matematika menjadi bagian dari kehidupan orang-orang yang didorong oleh gawai, membawa pendidikan di luar kelas dengan pelajaran energik dan penuh gairah.

Dalam pidatonya ketika menerima penghargaannya, Woo berbicara tentang kekuatan transformasional pendidikan yang hebat.

"Itu bisa mengubah hidup, keluarga dan komunitas selamanya."

Pahlawan Lokal Australia Tahun Ini
Peraih penghargaan 'Australian Of The Year 2018' untuk kategorri 'Pahlawan Lokal', Eddie Woo, mendapat kehormatan atas pekerjaannya sebagai guru matematika.

Jordan Hayne

Woo mengatakan bahwa dia "bukan lagi pahlawan dari orang lain".
"Tidak ada yang istimewa atau luar biasa tentang kelas saya, yang saya lakukan hanyalah membuka jendela melalui internet untuk kerja keras dan dedikasi yang terjadi setiap hari di sekolah-sekolah di seluruh negeri," katanya.
"Kepada semua anak di luar sana, saya ingin Anda mengerti dari ceritaku ... [bahwa] penderitaan tidak menentukan [diri] Anda, apa yang orang lain katakan kepada Anda atau sebutan untuk memanggil anda tidak mendefinisikan Anda - apa yang Anda pilih berkaitan dengan peluang yang Anda punya, itulah yang mendefinisikan Anda.
"Gelar yang paling saya banggakan, bahkan pada malam hari seperti ini sekalipun, adalah sebagai seorang guru. Itulah yang membuat hati saya berdetak. Itulah yang ingin saya lakukan."

Kategori warga senior Australia — Dr Graham Farquhar AO

Salah satu ilmuwan Australia yang paling terkemuka, Graham Farquhar, dianugerahkan penghargaan Australia of the Year kategori warga Australia senior terbaik atas karyanya melindungi ketahanan pangan dalam iklim yang berubah.

Awal tahun ini, pakar biofisika dari Universitas Nasional Australia menjadi orang Australia pertama yang memenangkan Hadiah Kyoto 2017 - setara dengan Hadiah Nobel.
Karyanya telah meningkatkan ketahanan pangan dunia dengan mengembangkan jenis atau strain gandum yang bisa tumbuh dengan air yang jauh lebih sedikit, dan juga membantu memecahkan misteri mengapa awan dan pola angin tidak berubah seperti model perubahan iklim yang disarankan.

Senior Australia dari Tahun 2018
Pemenang penghargaan 'Australian Of The Year 2018' kategori "warga negara senior', Dr Graham Farquhar merasa terhormat karena karyanya melindungi ketahanan pangan dalam perubahan iklim.

Jordan Hayne

Dr Farquhar mengatakan setelah tumbuh besar di Tasmania dalam sebuah keluarga petani, dia menggunakan kecintaannya pada matematika dan fisika untuk menemukan manfaat praktis bagi sektor pertanian.
"Generasi warga lanjut usia seperti saya mungkin yang paling beruntung, rata-rata kami bisa hidup lebih lama dan lebih sehat sehingga berkontribusi lebih banyak," katanya.
"Kita bisa menjadi kreatif, berjuang untuk kejujuran dan kita bisa mengatasi kegagalan. Kita semua beruntung karena kemampuan kita untuk merangkul kreativitas dan karenanya kita maju sebagai sebuah bangsa.

"Ilmu pengetahuan, seperti halnya aspek-aspek yang lain dari  teknologi sains, teknik dan matematika lainnya, sudah pasti memerlukan beberapa kepastian tentang pendanaan, periode yang cukup lama dimana orang dapat mengerjakan proyek yang bermakna dalam hal mengalami variasi."

Kategori Pemuda Australia — Samantha Kerr

Striker Matildas Sam Kerr bukan wajah baru dalam prestasi menerima penghargaan.

Tahun lalu, Kerr menjadi wanita Australia pertama yang dinobatkan sebagai finalis penghargaan Pemain Wanita FIFA Terbaik, setelah sebelumnya mengklaim sebagai gelar sebagai  atlet wanita Australia terbaik Australia,Tokoh Olahraga Perempuan Tahun inidari ABC, MVP of the USA National League , Medali Julie Dolan untuk W-League Australia dan Pemain Terbaik Wanita Asia Tahun Ini. 

Sekarang, dia memiliki penghargaan lain atas namanya - yang dikenal sebagai tokoh pemuda Australia terbaik tahun ini atau  Young Australian of the Year untuk tahun 2018. 

Selain kehebatan Kerr di lapangan, karyanya sebagai advokat untuk olahraga wanita adalah sebagian besar alasan mengapa dia dianggap layak menerima penghargaan ini.

Penghargaan Australian of The Year, dan juga penghargaa 'Senior Australian of the year', 'Young Australian of the year' dan 'Australia's Local Hero' diberikan setiap tahun sebagai bentuk penghargaan atas prestasi dan peran warga Australia yang berhasil mengubah kehidupan dan memperbaiki masyarakat Australia, yang telah mengatasi tantangan, mengambil risiko dan menjadi pelopor yang telah memberikan dampak positif pada kehidupan banyak orang.

Setiap negara bagian dan teritori mengajukan finalis untuk penghargaan tersebut, dan tahun ini terpilih 8 tokoh dari berbagai bidang mulai dari atlet, seniman, aktifis kanker, pengusaha hingga pakar rekonstruksi wajah dinominasikan untuk meraih penghargaan 'Australian Of The Year 2018'.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.