ABC

Siamang Berpipi Putih Lahir di Kebun Binatang Adelaide

Kebun Binatang Adelaide di Australia Selatan bergembira dengan kelahiran bayi siamang (gibbon) berpipi putih, binatang yang hampir punah di alam liar. Ini merupakan kelahiran keempat binatang tersebut di kebun binatang selama 130 tahun terakhir.

Lahir hari Sabtu (10/12/2016) dinhari, sekarang siamang yang berusia tiga hari tersebut meripakan anak keempat dari keluarga induknya Viet dan Remus.

Kebun Binatang Adelaide mengatakan kelahiran itu merupakan pencapaian penting bagi mereka karena bayi tersebut merupakan bayi keempat yang dilahirkan di kebun binatang tersebut selama 130 tahun terakhir.

Pengasuh primata utama Jodie Ellen mengatakan induk Viet dan Remus adalah induk yang sayang anak, dan saudara betina yang Nhu dan Tien juga senang dengan kelahiran tersebut.

Bayi siamang di Kebun Binatang Adelaide
Bayi siamang di Kebun Binatang Adelaide.

Supplied: Adrian Mann, Zoos SA

"Bayi siamang ini tampak sehat dan kuat, terus bergayut ke induknya, hal yang penting sekali karena di alam liarnya mereka hidup di dahan pohon yang tinggi." kata Ellen.

Kebun binatang Adelaide mengatakan kelahiran ini sangat penting bagi program pengembangan satwa secara internasional yang sedang berusaha menyelamatkan spesies ini dari kepunahan.

Menurut Kebun binatang, jumlah siamang berpipih putih ini sudah berkurangnya sekitar 80 persen dalam 45 tahun terakhir.

Siamang berpipi putih ini dilahirkan dengan bulu berwarna keemasan, sebelum secara perlahan berubah menjadi hitam.

Siamang betina ini akan berubah menjadi keemasan lagi ketika dewasa, sekitar usia lima tahun, sementara yang jantan tetap berwarna hitam.

Jenis kelamin bayi ini belum diketahui, dan diperlukan waktu beberapa bulan untuk mengetahuinya.

Kebun Binatang Adelaide sudah menyaksikan beberapa kelahiran binatang langka antara lain tamarin singa emas (golden-lion tamarin), dan hamadrtyas baboon baru-baru ini.

Minggu lalu juga diumumkan bahwa Karta orangutan asal Sumatra akan melahirkan bulan Januari nanti.

Diterjemahkan pukul 14:15 AEST 12/12/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini