ABC

Serba Serbi Turnamen Tenis Australia Open

urnamen tenis grand slam pembuka tahun, Australia Terbuka sedang dilangsungkan di Melbourne Park. Selama dua pekan, perhatian tenis dunia akan difokuskan pada pemain-pemain kelas dunia yang berlaga, dengan final akan dilangsungkan hari Minggu (29/1/2017). Inilah beberapa serba serbi Australia Terbuka yang mungkin belum anda ketahui.

Apakah Australia Terbuka selalu diselenggarakan di Melbourne?

Australia Open 2017 diselenggarakan dari 16 sampai 29 Januari di Melbourne Park.
Australia Open 2017 diselenggarakan dari 16 sampai 29 Januari di Melbourne Park.

Foto: Luke Hemer/Tennis Australia

Turnamen Australia Open dimulai sebagai 'Australasian Championships' atau kejuaraan tenis Australia Asia pada tahun 1905. Kejuaraan ini diselenggarakan di Brisbane, Perth, Sydney, Adelaide dan bahkan Selandia Baru.

Tapi Melbourne paling sering menjadi tuan rumah kejuaraan ini (60 dari 103) dalam sejarah pelaksanaan turnamen ini, dan sejak tahun 1972, Australia Open telah diselenggarakan tahunan di Melbourne.

Berapa jumlah hadiah uangnya?

Petenis Jerman Angelique Kerber dengan tropi Australia Terbuka
The winners of the men's and women's singles will each receive $A3.7 million this year.

Supplied: Tennis Australia

Total hadiah untuk turnamen Australia Open pada tahun ini mencapai rekor tertinggi yakni AUD$50 juta, atau lebih besar dari US$44 juta hadiah tahun lalu.

Pemain tunggal putera dan tunggal puteri masing-masing akan menerima $3.7 juta, sementara pemain yang kalah di babak penyisihan pertama akan menerima $50.000. 

Pada tahun 2001, Australia Open menjadi turnamen Grand Slam kedua yang menawarkan hadiah dalam jumlah yang sama antara petenis perempuan dan laki-laki . (Turnamen US Open merupakan Grand Slam pertama yang memberikan hadiah dengan nilai yang setara pada tahun 1973).

Apakah pertandingan terpanjang yang pernah terjadi dalam sejarah turnamen Australia Open?

Novak Djokovic mengalahkan Rafael Nadal dalam pertandingan final terlama di Australia Terbuka di tahun 2012
Novak Djokovic beat Rafael Nadal in a historic match in Australian Open men’s singles final in 2012.

Supplied: Tennis Australia

Pada tahun 2012 Novak Djokovic mengalahkan Rafael Nadal 5-7, 6-4, 6-2, 6-7(5), 7-5 di nomor final tunggal putera. Dengan durasi permainan yang tidak diperkirakan sebelumnya yakni 5 jam dan 53 menit yang tercatat masih menjadi pertandingan terlama dalam sejarah turnamen Australia Open.

Negara mana yang paling sering memenangkan gelar juara tenis putera dan puteri?

Setiap tahun, anak-anak muda Australia dari seluruh penjuru negeri datang ke Melbourne guna menyaksikan Australian Open.
Every year a lot of young Aussies come to Australian Open from around the country to cheer for their tennis heroes.

ABC: Ning Pan

Didalam sejarah kejuaraan Australia Open, Australia menempati urutan teratas dalam daftar pemenang Australia Open dengan mengantongi 50 kali gelar putera dan 43 gelar puteri, diikuti oleh Amerika Serikat (18-23) dan Switzerland (5-3) dan Inggris (5-3).

Siapa juara termuda dan tertua dalam kejuaraan tenis tunggal putera dan puteri ini?

Petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis (kiri) merupakan pemenang Australia Open termuda di nomor tunggal Puteri dan juara bertahan di nomor ganda puteri bersama dengan Sania Mirza (kanan) pada Australia Open tahun 2016
Petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis (kiri) merupakan pemenang Australia Open termuda di nomor tunggal Puteri dan juara bertahan di nomor ganda puteri bersama dengan Sania Mirza (kanan) pada Australia Open tahun 2016.

Supplied: Ben Solomon, Tennis Australia

Peraih gelar juara tunggal putera termuda dalam Australia Open adalah Ken Rosewall yang meraih gelar ini pada tahun 1953 diusia 18 tahun 2 bulan. dan dia juga tercatat menjadi pemenang tertua dalam sejarah Australia Open tunggal putera, setelah kembali meraih gelar juara pada tahun 1972 di usia 37 tahun 2 bulan.

Sementara di nomor tunggal puteri, pemenang termuda adalah petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis yang meraih gelar juara pada tahun 1997 ketika baru berusia 16 tahun 4 bulan.

Sedangkan peraih gelar juara di nomor tunggal puteri tertua dalam Australia Open disandang oleh Thelma Coyne Long yang memenangkan gelar ini pada tahun 1954 di usia 35 tahun 8 bulan.

Tahukah anda …

Bola tenis mengenai raket
Ribuan raket terpaksa diperbaiki di Australia Open tahun 2016.

ABC

Dikarenakan intensifnya pertandingan (dan terkadang rasa frustasi pemain!) tercatat ada 5.292 buah raket yang diperbaiki kembali di kejuaraan Australia Open 2016, meningkat dari 4.763 raket yang diperbaiki pada tahun sebelumnya.

Pada pelaksanaan Australia Open 2016 lalu total senar yang digunakan panjangnya lebih dari 63 kilometer.

Petenis nomor 1 dunia, Andy Murray belum pernah memenangkan gelar Australia Open.
Petenis nomor 1 dunia, Andy Murray belum pernah memenangkan gelar Australia Open.

Supplied: Ben Solomon, Tennis Australia

Andy Murray asal Inggris merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang bertanding di lima kejuaraan Australia Open tanpa pernah memenangkan satu pertandingan pun.

Turnamen Grand Slam Australian Open merupakan Grand Slam internasional pertama yang diselenggarakan pada tahun atau musim turnamen berjalan. Kejuaraan ini dimulai tanggal 16 Januari 2017.

Ikuti kisah-kisah menarik lainnya seperti ini dengan bergabung bersama Australia Plus community di  Facebook, atau ikuti kami di Twitter dan  Instagram.