ABC

Seperti Inilah Suasana Kota Pyongyang, Korea Utara

Tahun 2015, produser ABC Vicky Xiuzhong Xu masih kuliah tapi memutuskan untuk pergi mengunjungi Pyongyang, ibu kota Korea Utara bersama seorang temannya.

Mereka pergi dari kota Dandong di China dengan kereta api menuju Pyongyang dengan melewati kawasan pedesaan, sebelum akhirnya mengikuti tur naik bus bersama sekelompok pensiunan.

Kesan pertama Vicky saat melihat kota tersebut adalah sebuah kawasan sosialis yang sesuai dengan keinginan Kim Jong-un, dengan sejumlah gedung apartemen menjulang tinggi dengan warna-warna pastel, seperti merah muda, hijau muda, dan kuning muda.

Gedung-gedung terlihat simetris dan tertata rapi, tanpa terlihat adalanya reklame atau papan iklan.

Satu-satunya yang berwarna mencolok yang Vicky lihat adalah spanduk propaganda, dengan tulisan:

"Kamerad Kim Jong-un yang agung! Selamanya setia padamu sampai mati!"

Tur mereka termasuk mengunjungi sejumlah monumen, museum, bar, juga berkesempatan berjalan-jalan di taman dan berbincang dengan warga.

Tapi Vicky mengaku kebanyakan waktunya adalah di dalam bis berkeliling kota sambil mendengarkan penjelasan yang berbau propaganda yang disampaikan pemandu wisata.

"Apakah orang Korea Utara punya banyak makanan? Apa mereka kelaparan?" tanya Vicky kepada pemandu wisatanya, Han yang berusia 23 tahun.

"Apakah saya terlihat kelaparan? Berat saya 64 kilogram dan berusaha setengah mati untuk menurunkannya!" ujarnya sambil cekikikan.

Vicky kemudian berkata ada warga yang meninggalkan Korea Utara dan mengaku terang-terangan jika tidak ada cukup makanan.

"Para pembelot," ujar Han pelan. "pada akhirnya mereka akan kembali dan negara akan menawarkan sekolah terbaik jika mereka masih sekolah."

"Negara juga akan masih akan menyediakan perumahan gratis."

"Kemudian mereka akan berbicara di televisi setelah merasakan dua sistem sosial yang berbeda, kemudian sadar jika disini yang lebih baik."

Anda bisa menonton videonya disini.

Artikel ini dirangkum dari tulisan aslinya dalam bahasa Inggris yang bisa dibaca disini.