ABC

Sepatu Desain Kanye West Seharga Rp 11 Juta Dirampok

Hati-hati menjual sepatu yang mahal. Menurut polisi di Sydney, sepasang sepatu yang didesain oleh rapper terkenal Amerika Serikat Kanye West seharga $ 1.100 (sekitar Rp 11 juta) dirampok oleh orang yang berpura-pura ingin membeli.

Pada awalnya seorang pria berusia 22 tahun memasang iklan hendak menjual sepatu Adidas "Yeezy' berwarna hitam di internet.

Dia kemudian membuat janji untuk bertemu pembelinya di John Park di Dulwich Hill di Sydney sekitar jam 7.30 malam hari Senin (18/9/2017).

Calon pembeli itu kemudian mencoba memakai sepatu, sebelum kemudian mengeluarkan pisau dari tas punggungnya, dan pemilik sepatu tersebut terpaksa kehilangan sepatunya.

Polisi mengatakan pencuri yang sama kemungkinan juga melakukan tindak kriminal lain hari itu juga.

Seorang penjual jaket menawarkan jaketnya berharga $ 1 ribu (sekitar Rp 10 juta), juga mengatur pertemuan dengan calon pembelinya di Stasiun Kereta Ringan Arlington.

Calon pembeli itu juga mencoba jaket dan kemudian melarikan diri.

Menurut Andrew Gavrielatos dari Kantor Fair Trading New South Wales, online memang cara yang mudah dalam melakukan transaksi jual beli, namun baik penjual dan pembeli harus juga memperhatikan keselamatan pribadi mereka.

"Kita harus menyadari bahwa ketika transaksi terjadi harus dilakukan di tempat dimana kita merasa aman, mungkin membawa teman untuk ikut." katanya.

"Juga anda harus berhati-hati dengan identitas pribadi yang anda berikan kepada yang lain."

Polisi mengatakan calon pembeli yang melarikan barang mahal tersebut diduga berusia 16 tahunan dan keturunan aborijin atau Torres St Islander.

Diterjemahkan pukul 11:20 AEST 19/9/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini