ABC

Seorang Walikota di Australia Diduga Beri Keterangan Menyesatkan

Luke Smith, walikota salah satu Pemerintahan Kota terbesar di Australia, Logan City, tampaknya telah memberikan keterangan menyesatkan komisi anti korupsi Queensland mengenai apa yang dia ketahui tentang pembangunan yang dilakukan salah satu donatur kampanyenya.

Walikota Smith memberikan keterangan itu awal tahun ini.

Walikota Smith menerima donasi $AUD 377.000 dari pengembang dan pengusaha lainnya menjelang pemilihan umum setempat bulan Maret 2016.

Dana tersebut disalurkan ke perusahaan penggalangan dana kampanye yang disebut Logan Futures.

Dia menyampaikan keterangan ke komisi anti korupsi bahwa sebelum pemilu dia tidak mengetahui usulan ketinggian bangunan 15 tingkat yang diajukan sebuah perusahaan milik China, yang telah menyumbangkan donasi lebih dari $AUD 40.000 untuk kampanye Smith.

Namun, dokumen dan video yang diperoleh ABC menimbulkan keraguan serius atas keterangan Walikota Smith tersebut.

Komisi anti korupsi Crime and Corruption Commission (CCC) secara terbuka memeriksa Walikota Smith dan kandidat lainnya dari Pemerimtahan Kota, sebagai bagian dari Operasi Belcarra.

Operasi ini bermaksud melakukan penyelidikan terhadap, "praktik yang menimbulkan risiko potensi korupsi".

CCC juga menyatakan sedang mempertimbangkan apakah ada kandidat yang telah "secara tidak sah mempengaruhi keputusan Pemerintahan Kota" terkait dengan permohonan izin pembangunan yang menguntungkan para donator kampanye.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.