ABC

Seniman Timor Leste Angkat Masalah Kebebasan

Kawasan Fitzroy di Melbourne memiliki sejarah panjang dan cukup kaya dengan kebudayaan suku Aborigin. Fitzroy juga telah menjadi rumah bagi komunitas Sudan Selatan di kota Melbourne.

Mereka banyak tinggal di rumah susun 'Athreton Gardens Housing Estate', yang dimiliki dan dikelola pemerintah Australia.

Kini Fitzroy juga memiliki festival yang diberi nama 'Gertrude Street Projection Festival' (GSPF), festival seni visual dan cahaya yang diproyeksi ke sebagian gedung-gedung sepanjang jalan Gertrude, salah satu jalan utama di kawasan Fitzroy.

Festival ini sudah digelar selama 9 tahun. Khusus tahun ini, anggota dari komunitas Sudan Selatan dan komunitas Aborigin bekerja sama untuk memproduksi seni visual dalam bentuk video.

Video-video inilah yang diproyeksikan ke sejumlah dinding gedung-gedung, termasuk gedung restoran, kafe, dan butik-butik yang banyak ditemui di sepanjang jalan Gertrude.

Tapi, artis-artis yang terlibat tidak hanya terbatas dari Australia saja.

Salah satunya adalah seniman Alfeo Sanches Pareira, asal Timor Leste. Seniman yang berbasis di Dili ini menampilkan karya seni visualnya yang diberi judul A Natural Resource Curse.

Karya seni dalam bentuk animasinya ini ingin mengangkat tema ketidak kuatan, korupsi, dan ketidakadilan, serta konflik-konflik yang masih mencengkram negaranya.

Termasuk diantaranya adalah sengketa batas laut Timor Leste dengan Australia, yang sudah dilaporkan ke badan PBB, April lalu.

"Seperti sebuah 'curse' [kutukan], Timor Leste memiliki sumber daya alam yang kaya, tapi buruknya kita merusak bahkan hingga kehilangan keluarga karena sumber daya alam ini, kita tidak menjaganya," ujar Alfeo kepada Erwin Renaldi dari Australia Plus.

"Lewat karya ini ingin mengajak pengunjung mengerti soal lingkungan dan kekayaan alam, bukan dengan cara membunuhnya, tetapi dengan penuh kemanusiaan."

Alfeo Pareira
Alfeo Pareira

Foto: peaceofwall.blogspot.com

Alfeo lahir di tahun 1984, saat Timor Leste masih bagian dari Indonesia. Ibunya sengaja mengajarkan dirinya untuk melukis, karena menganggap kondisi di luar rumah yang terlalu berbahaya.

Baru di tahun 2004, Alfeo bergabung dengan sekolah Arte Moris Free Art School untuk terus mengembangkan bakatnya.

Keterlibatannya di GSPF bukan pertama kalinya. Di tahun 2014, ia menjadi salah satu pencetus karya seni dalam bentuk animatism di festival yang sama. Bahkan karyanya saat itu pernah menyabet penghargaan Walker Abercombie Judge's Award.

Kiprahnya di dunia seni di Melbourne dimulai di tahun 2010. Saat itu ia pernah menampilkan karya Peace of Wall: Street Art from East Timor.

Tahun ini ia berkolaborasi dengan Eneti Warentini, seniman multimedia asal Melbourne yang juga pernah menjadi koordinator Seni Visual dan Proyeksi di acara Melbourne Music Week.

Tonton video dari Gertrude Street Projection Festival di sini.