ABC

Senator Baru Australia Mulai “Disekolahkan”

"Tampaknya ini akan jadi kelas paling menarik yang pernah saya ikuti," demikian tutur politisi Partai Buruh Murray Watt, satu dari sejumlah senator baru Australia yang tiba di gedung parlemen di Canberra, Selasa (23/8/2016).

Para senator baru itu akan mulai pengenalan kehidupan politik di gedung itu.

Ada 14 orang senator baru yang akan mengikuti kelas beberapa hari ke depan, untuk tata cara sekitar gedung tempat kekuasaan tersebut beserta segala proses yang menyertainya.

senator baru australia.jpg
Para semator baru Australia dari Angkatan 2016. (Foto: ABC News/Nick Haggarty)

Bagi sebagian di antara mereka, ini hanya penyegaran - Senator Don Farrell dan Senator Louise Pratt dari Partai Buruh keduanya pernah duduk di majelis tinggi parlemen (senat) itu sebelumnya.

Senator Pauline Hanson dari Partai One Nation yang juga merupakan politisi yang kembali setelah sekian lama, menyatakan "Sangat bersemangat (dan) sangat terhormat" bisa kembali lagi. Dia menyatakan hal itu saat tiba bersama rekan separtainya Senator Rod Culleton, Malcolm Roberts dan Brian Burston.

"Saya kembali!" kata Pauline Hanson.

hanson back.jpg
Pauline Hanson tiba di gedung parlemen bersama senator baru separtainya, Malcolm Roberts, Brian Burston dan Rod Culleton. (Foto: ABC News/Nick Haggarty)

Senator One Nation ada empat orang di antara 11 senator yang merupakan lintas fraksi, bersama tiga senator dari Partai Nick Xenophon Team — termasuk wajah baru Stirling Griff dan Skye Kakoschke-Moore — Senator Bob Day dari Partai Family First, Senator David Leyonhjelm dari Partai Liberal Democrat, serta Senator Jacqui Lambie and Senator Derryn Hinch.

Senator Hinch (72) membuat sejarah dengan menjadi orang tertua yang pernah terpilih baik di majelis tinggi maupun majelis rendah (DPR).

pat dodson.jpg
Senator Pat Dodson dari Partai Buruh bicara dengan Senator Derryn Hinch. (Foto: ABC News/Nick Haggarty)

Kepada ABC dia mengatakan bersedia bernegosiasi, namun memandang dirinya sebagai pejuang seorang diri.

"Saya diberitahu seorang menteri senior, saat melihat pengaturan tempat duduk, bilang 'mungkin anda mau duduk dekat orang yang sejalan di Senat'," kata Senator Hinch.

"Dan saya katakan, 'tidak ada yang sama dengan saya'," katanya.

jane hume.jpg
Senator baru dari Partai Liberal, Jane Hume, tiba di gedung parlemen. (Foto: ABC News/Nick Haggarty)

Senator James Paterson dari Partai Liberal — yang terpilih setelah jadi pengganti antarwaktu periode sebelumnya - akan bergabung dengan rekannya Senator Jane Hume dan Jonathon Duniam hari ini, sedangkan Pat Dodson juga akan bergabung dengan senator baru dari Partai Buruh Anthony Chisholm dan Malarndirri McCarthy.

Senator McCarthy, mantan menteri di negara bagian Northern Territory, datang dengan segala persiapan.

"Saya bawa beberapa koper dan tetunya baju hangat," katanya.

malarndirri mccarthy.jpg
Senator baru dari Partai Buruh, Malarndirri McCarthy, tiba di gedung parlemen. (Foto: ABC News/Nick Haggarty)

Diterbitkan Pukul 12:30 AEST 23 Agustus 2016 oleh Farid M. Ibrahim. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.