ABC

Senator Australia Desak Pemerintah Legalisasi Perkawinan Gay

Senator David Leyonhjelm dari Partai Liberal Demokrat Australia mengisyaratkan dukungan bagi kebijakan pencari suaka yang dijalankan pemerintah jika pemerintah juga mendukung perkawinan sesama jenis.

Senator Leyonhjelm rencananya akhir tahun ini akan mengajukan sebuah RUU yang akan melegalisasi perkawinan kaum gay dan lesbian di Australia.

Ia mengatakan, isu perkawinan sesama jenis lebih merupakan "isu kebebasan", bukan hanya "isu golongan kiri" (dalam politik).

Parlemen Australia periode sebelumnya telah menolak sejumlah upaya melegalisasi perkawinan sesama jenis di negara itu. Para anggota parlemen dari Partai Buruh diberi kebebasan oleh partainya untuk menentukan sikap sendiri atas isu ini - sementara anggota Partai Koalisi diharuskan mengikuti garis kebijakan partai.

Senator Leyonhjelm menyerukan koleganya di kalangan Partai Liberal untuk nanti menentukan sikap atas RUU ini berdasarkan kesadarannya sendiri, bukan lagi8 mengikuti garis kebijakan partai.

Ia mengatakan, sebagai imbal baliknya, pihaknya akan mendukung rencana kebijakan pemerintah memberikan visa sementara bagi pencari suaka yang datang dengan perahu.

"Bukan urusan pemerintah untuk menentukan suatu jenis hubungan (antara manusia)," katanya.

Senator Leyonhjelm merujuk kepada Senator Penny Wong dari Partai Buruh serta saudara perempuan PM Tony Abbott, Christine Forster.

"Hari ini saya mendesak Partai Buruh untuk menatap Senator Wong, dan memberitahunya, bahwa ia tidak berhak mendapatkan persamaan hak," katanya.

"Hari ini saya mendesak PM Abbott dan anggota Partai Liberal melakukan hal yang sama kepada saudara perempuan Tony Abbott."

Senator Penny Wong dan saudara perempuan Tony Abbott, Christine Foster, adalah figur publik yang mengakui dirinya sebagai lesbian.