ABC

Semua Bagian Daging Bisa Jadi Hidangan Istimewa

Samuel Burke, seorang chef Australia, bukan saja sangat menggemari daging namun juga percaya bahwa setiap bagian potongan daging bisa menjadi sajian hidangan istimewa.

Sebagai Corporate Chef pada organisasi Meat and Livestock Australia (MLA), Burke sering mendidik para chef dan peternak bahwa semua bagian daging hewan bisa jadi bahan makan berbinta lima.

"Tujuannya untuk membantu pada chef dan profesional di sektor makanan untuk percaya diri dengan protein kita itu," katanya.

"Agar bisa mencoba bagian-bagian daging yang berbeda dan bisa berhasil sehingga mereka akan kembali menjadikannya sebagai hidangan," tambah Burke.

Pengetahuan mengenai bagian daging mulai dari hidung hingga ke ekor bukanlah hal baru, terutama di sejumlah negara tujuan ekpsor terbesar Australia di Eropa dan Asia.

"Mereka menganggap bagian-bagian daging itu bukan tidak penting. Mereka menganggapnya sebagai sebagai bagian terbaik," kata Burke.

Meskipun selera konsumen lokal di Australia semakin beragam terkait bagian-bagian daging, namun sebagian tetap tidak menyukai berbagai variasi bagian daging tersebut.

samdaging
Chef Sam Burke.

ABC Rural: Lydia Burton

Sementara itu, konsumsi daging sapi dan domba di Australia mengalami penurunan.

Burke menyarankan bagi sebagian konsumen yang suka coba-coba untuk mencoba bagian-bagian daging yang berbeda.

"Cukup mencoba dengan semua bagian," katanya. "Bisa coba bagian rusuk, bisa coba jeroan, bisa coba bagian pantat, daging bagian pundak, daging tipis, daging punggung. Saya baru bicara mengenai daging sapi."

Kegemarannnya atas daging merah di Australia telah mengantarkan Burke ke berbagai negara di dunia.

Selama menjabat Corporate Chef pada MLA, dia sudah mengunjungi China, Inggris, Jepang, Korea dan Belgia.

"Saya merasa istimewa bisa melihat langsung apa yang dilakukan para chef dengan produk kita," tuturnya.

"Saya belajar dari para chef tersebut ... dan membawa ide-ide tersebut ke pasar lokal kita di sini," tambahnya.

Dengan mengamati bagaimana hidangan yang berbeda mempergunakan bagian-bagian daging hewan yang berbeda semakin memperluas wawasan Burke.

"Sekali anda belajar bagaimana memasaknya dan menghargainya, maka tak ada bagian daging yang jelek dari setiap hewan," ujarnya.

Diterbitkan Pukul 15:00 AEST 15 November 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris di sini.