ABC

Semakin banyak warga Irlandia yang bermigrasi ke Australia

Australia kini telah menjadi salah satu negara tujuan populer bagi warga Irlandia yang ingin mencari kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik.

Di tengah perekonomian Irlandia yang kini sedang berusaha pulih dari krisis keuangan global, kini semakin banyak warga Irlandia yang bermigrasi ke Australia.

Menurut data Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan, ada sekitar 40.000 warga Irlandia yang pindah ke Australia dalam kurun waktu 2011 dan 2012.

Menurut anggota parlemen Australia yang memiliki darah Irlandia, Jimmy Deenihan, sistem visa Australia telah membuat benua kangguru menjadi tujuan populer bagi para profesional muda asal Irlandia untuk membangun karir.

"Sistem visa Australia telah mendorong orang-orang muda berkualitas dari Irlandia dan juga orang-orang terampil untuk datang ke Australia," katanya.

"Mereka yang bergelar PhD, atau dengan keterampilan tertentu ... menjadi keuntungan besar bagi Australia, tetapi itu jelas menguras sumber daya manusia dari Irlandia."

Deenihan juga mengatakan kalau pemerintah Irlandia kini mencari cara agar menarik para imigran di Australia untuk kembali ke Irlandia.

Dalam laporan tersebut juga ditemukan sekitar 50.000 turis asal Irlandia dan umumnya, "backpackers" mengunjungi Australia setiap tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, Irlandia adalah termasuk salah satu negara asal para imigran tetap.

Mereka kini termasuk dalam daftar negara asal imigran terbesar di Australia, setelah India, Cina, Inggris, Filipina, Afrika Selatan, dan Vietnam.

Irlandia mengalami resesi di tahun 2008 dan setahun kemudian perekonomian nasionalnya merosot hingga 14 persen.

Ribuan pekerja kehilangan pekerjaan dan jumlah pengangguran pun meningkat dari lima persen menjadi 14 persen.