ABC

Sekolah Kejuruan Evocca di Australia Tutup Beberapa Kampus

Salah satu sekolah kejuruan swasta di Australia Evocca College menutup beberapa kampusnya di Queensland, dan memberhentikan sekitar 60 orang staf.

Menurut laporan yang diperoleh ABC, 60 staf Evocca di beberapa negara bagian telah diberhentikan, dan mereka diberitahu bahwa banyak kampus akan ditutup.

Evocca College pernah memiliki lebih dari 700 staf, dan sekarang diperkirakan hanya memiliki sekitar 150 orang saja.

Ratusan siswa yang masih belajar di sana akan terganggu karenanya, dengan adanya laporan siswa dipindahkan ke berbagai tempat baru, dengan hanya sejumlah kecil staf yang terpaksa menangani siswa dalam jumlah besar.

Di situs Evocca sekarang hanya ada 18 kampus, hanya tinggal kurang dari setengahnya, dimana di masa lalu, Evocca memiliki 40 kampus.

ABC bisa mengukuhkan bahwa kampus di Frankston dan Corio di negara bagian Victoria akan ditutup, sementara di Queensland, perusahaan itu telah menuutp dua kampusnya di Wharf Street Brisbane.

Kampus di kawasan Caboolture di Queensland, juga akan mengurangi staf besar-besaran, dan dilaporkan akan ditutup bulan Juni.

Ini akan menyebabkan kampus yang dimiliki oleh Evocca menjadi 14.

Siswa khawatir akan jadi kelas jauh

Seorang siswa bernama Jennifer — ibu tunggal dari dua anak yang sedang belajar untuk mendapatkan Diploma of Youth Work di kampus Corio di Geelong (Victoria) — tidak mau disebut namanya dengan jelas mengatakan kepada ABC bahwa dia mendapat pemberitahuan 2 Februari lalu bahwa kampusnya akan ditutup 17 Februari.

Jennifer mengatakan semua kursusnya akan jadi kelas jauh.

"Saya kecewa, dan sedih. Saya suka berada di kampus, dan melakukan kegiatan di sini sangat membantu membangun kepercayaan diri." kata wanita berusia 36 tahun tersebut.

"Di kampus, kita mendapat dukungan dari tutor dan siswa lain. Namun kelas jauh, kalau kita perlu bantuan tutor, kita harus mengemail mereka. Tutor saya memiliki 50 orang siswa."

Jennifer mengatakan dia sudah berutang $ 14 ribu (sekitar Rp 140 juta) untuk diploma yang belum selesai ini dan tidak yakin apakah dia akan bisa menyelesaikannya.

Evocca denied campus closures earlier this month

An empty reception desk at the Corio Evocca College campus near Geelong.
A student took this photo of the near empty Corio campus in Geelong in Victoria.

Supplied

Ketika ABC pertama kali bertanya kepada Evocca apakah kampusnya akan ditutup bulan Februari, seorang juru bicara mengatakan: "Ini tidak benar."

Ketika ditanya lebih lanjut oleh ABC mengenai berapa jumlah staf yang akan diberhentikan, berapa kampus yang akan ditutup, dan berapa siswa yang akan terpengaruh, juru bicara Evocca Nadine Ringholt mengirim jawaban lewat email.

"Kami akan membuat penyesuaian berkenaan pengurangan dana bantuan bagi siswa kejuruan oleh pemerintah dan kami akan tetap mempertahankan keberadaan kampus di semua negara bagian dimana kami berada."

"Kami selalu bertekad membantu para siswa dan staf."

Bulan Maret tahun lalu, Evocca College memecat lebih dari 200 staf dan menutup sepertiga kampusnya di seluruh Australia menyebabkan kampusnya berkurang dari 45 menjadi 28.

Penutupan dilakukan pemerintah Federal Australia bersikap lebih keras menyelidiki pinjaman yang diberikan kepada siswa lewat sekolah kejuruan yang banyak disalahgunakan.

Diterjemahkan pukul 14:00 AEST 24/2/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak artikelnya dalam bahasa Inggris di sini