ABC

Sejumlah Atlet Australia Kampanyekan Hak Gay di Olimpiade Sochi

Sejumlah atlet Australia berangkat ke Sochi, Rusia, tidak hanya dengan ambisi memenangkan medali emas olimpiade musim dingin di negara tersebut, tapi juga berkampanye untuk hak-hak kaum gay, yang menurut mereka dilanggar oleh Rusia melalui hukumnya.

Homoseksualitas tidak dilarang di Rusia, namun ada hukum di negara ini yang membatasi pemberian informasi tentang homoseksualitas pada anak-anak, termasuk informasi bahwa hubungan macam ini normal dan setara dengan hubungan heteroseksual. 

Hukum tersebut menjadi sorotan dunia, saat olimpiade musim dingin diadakan di Rusia tahun ini.

Salah satu yang mengkritik hukum itu adalah atlet snowboarder Australia, Belle Brockhoff, yang tiba di Sochi berbekal dua tekad: memenangkan medali emas dan mengkritik presiden Rusia Vladimir Putin tentang sikap anti homoseksualitas (homofobia).

"Saya telah melihat banyak rekaman tentang Rusia, dan melihat kekerasan terhadap komunitas LGBT [Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender], dan saya sedih," komentarnya, "Ini memang negara Putin, dan dia bisa melakukan apa saja yang Ia suka dengan negara ini, tapi saya khawatir tentang keamanan komunitas LGBT. Jelas, ada banyak kekerasan, penyiksaan - hampir sampai mati-dan saya harap ada perubahan setelah olimpiade ini."

Brockhoff berharap, bila memenangkan medali emas, Ia bisa menyampaikan pendapatnya tentang kekerasan terhadap kaum homoseksual.

Menurut sejumlah aktivis, hukum tersebut tak sesuai dengan prinsip ke enam Olympic Charter (Piagam Olimpiade), yang menentang segala bentuk diskriminasi.

Menurut organisasi Hak Azasi Manusia dari Amerika Serikat, Human Rights Watch, hukum itu digunakan untuk menghukum mereka yang melakukan aksi protes, meskipun dengan damai, dan laporan organisasi ini menyatakan terlihat kenaikan jumlah kekerasan terhadap golongan tertentu sejak hukum itu diimplementasikan.

Brockhoff bergabung dengan kampanye "Principle 6" yang memprotes hukum itersebut. Tim kereta salju (bobsleigh) Australia memasang kampanye logo Principal 6 di kereta mereka.

Kapten tim tersebut, Heath Spence, adalah duta gerakan ini.

Sementara itu, walikota Sochi menyatakan tak ada warga gay di kotanya, namun banyak pengunjung gay terlihat di sebuah klab malam bernama Lighthouse di Sochi.

Banyak aktivis di seluruh dunia yang meminta agar sponsor olimpiade bersikap terhadap hukum tersebut. Mereka juga meminta komite olimpiade internasional menekan Rusia perihal masalah ini.

Namun, OIC menyatakan cukup puas bahwa para atlet dan pengunjung di lokasi olimpiade tidak akan didiskriminasi.