ABC

Sambut Penghujung Tahun, Kebun Binatang Canberra Tambah Koleksi Baru

Meski biasanya ada eksodus massal dari warga Canberra pada musim akhir tahun, di Kebun Binatang dan Akuarium Nasional beberapa penghuni baru justru baru saja masuk.

Enam hewan baru telah dipajang di kebun binatang itu, termasuk dua marmoset kerdil (monyet mungil) betina -pertama kalinya spesies ini ditampilkan di kebun binatang.

Pemimpin tim dari hewan asli Australia di kebun binatang itu, yakni Danielle Johinke, mengatakan, saudara kembar muda  -Adora dan Sophia -baru tiba sekitar sebulan yang lalu.

"Mereka sungguh mungil, mereka adalah monyet terkecil di dunia, beratnya mencapai sekitar 130 gram dan besarnya sangat pas dengan telapak tangan Anda," katanya.

Dr Johinke mengatakan, bersama dengan marmoset kerdil, kebun binatang tersebut juga menyambut seekor marmoset biasa ke kandang di sebelahnya -yang memungkinkan pengunjung untuk membandingkan perbedaan ukuran yang mencolok di antara monyet-monyet tersebut.

"Kami pikir kami benar-benar memiliki kandang yang sangat sesuai yang disiapkan untuk marmoset biasa, tapi karena marmoset biasa sedikit lebih besar, kami menyesuaikannya untuk marmoset kerdil," ujarnya.

Bayi lemur ini belum diberi nama dan baru saja muncul dari sarang mereka.
Bayi lemur ini belum diberi nama dan baru saja muncul dari sarang mereka.

ABC Mews: Jonathon Gul

Anjing liar, lemur dan banteng Afrika turut ramaikan kebun binatang

Namun manajer operasional Renee Osterloh mengatakan bahwa marmoset bukan satu-satunya tambahan baru di kebun binatang itu.

Seekor banteng Afrika betina, anak anjing liar yang diselamatkan dan dua bayi lemur hitam dan putih yang baru saja muncul dari sarang mereka juga telah menjadi tontonan baru.

"Bayi lemur baru lahir sekitar satu bulan lalu dari induk yang menjadi orang tua untuk kedua kalinya di kebun binatang ini," sebut Osterloh.

"Kemunculan mereka sekarang cukup terlihat, awalnya mereka cukup sulit dilihat, selalu bersembunyi di kotak sarangnya."

Osterloh mengatakan bahwa kedatangan lemur muda, yang belum diberi nama, sangat penting karena spesies ini terancam punah dan bayi mereka diharapkan menjadi tambahan penting bagi program pembiakan internasional.

Ia mengatakan, banteng Afrika betina itu juga beradaptasi dengan baik ke kawanan barunya dan anak anjing liar betina berusia satu tahun, Alinta, sudah diperkenalkan pada pasangan laki-lakinya.

Anak anjing liar bernama Alinta ini mulai menikmati kendang barunya di kebun binatang.
Anak anjing liar bernama Alinta ini mulai menikmati kendang barunya di kebun binatang.

ABC News: Jonathon Gul

"Kami akan mengajak mereka berjalan-jalan secara rutin di sekitar bagian belakang kebun binatang dan selama seminggu terakhir ini kami melakukan perkenalan di kandang," kata Osterloh.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.