ABC

Salju Mulai Turun di Victoria

Biro Prakiraan Cuaca Australia (BOM) memperingatkan warga Victoria untuk bersiap menghadapi banjir bandang, kerusakan infrastruktur dan pemadaman listrik pada hari Minggu (9/4/2017) seiring dengan menguatnya badai di seluruh Negara Bagian Victoria.

Hembusan angin di kawasan metropolitan Melbourne diperkirakan akan mencapai 100 kilometer per jam pada Minggu (9/4/2017) sore dan belum akan mereda hingga sekitar pukul 21:00 waktu setempat.

Salju juga sudah mulai turun di kawasan dataran tinggi Alpine dimana angin dengan kecepatan diatas 120 kilometer per jam telah tercatat.

Sementara Biro Prakiraan Cuaca Australia (BOM) mengecualikan kawasan-kawasan seperti falls creek, kyneton, Ballarat, Geelong, Melbourne dan Bacchus Marsh sebagai tempat yang bakal paling terdampak.

Komisioner pengelolaan situasi kedaruratan, Craig Lapsley mengatakan total curah hujan yang akan turun dalam waktu 24 jam mendatang akan setara dengan apa yang akan anda saksikan dalam waktu beberapa pekan.

Menurutnya layanan kedaruratan telah memantau situasi yang terjadi.

"Kemungkinan akan ada dampak yang ditimbulkan; pohon tumbang kemungkinan terjadi di beberapa wilayah,” katanya.

“Itu merupakan salah satu hal yang harus dihadapi ketika cuaca buruk ini terjadi dan kita tentu saja memiliki sumber daya, Layanan Situasi Kedaruratan (SES) sudah barang tentu dan layanan pemadam kebakaran siaga mendukung masyarakat Victoria.

Awan badai diatas Kota Melbourne
Awan badai bergerak di seluruh kawasan Melbourne pada Sabtu (8/4/2017).

ABC News: Patrick Rocca

SES sejauh ini telah merespon lebih dari 80 panggilan telepon dari warga, utamanya yang melaporkan pohon tumbang, kerusakan bangunan dan banjir kecil.

Salju dilaporkan juga telah turun di dataran tinggi Victoria, dimana kawasan-kawasan seperti Mount Hotham, Falls Creek dan Mount Buller telah turun butiran salju. Beberapa wilayah di Kota Melburne juga dilaporkan mengalami hujan es.
Chris Hocking dari Falls Creek mengatakan suhu udara di wilayahnya mencapai dibawah 0 derajat Celcius segera setelah lewat jam makan siang.
"Kami melihat beberapa butiran salju muncul dari langit sekitar pukul 14.00 sore waktu setempat dan tentu saja diikuti cuaca buruk, angin kencang dan tidak diragukan lagi seperti inilah cuaca yang sedang berlangsung di seluruh Victoria,” katamnya.
"Salju tampaknya akan semakin meningkat pada malam hari.”

“Biasanya sekitar musim gugur kita baru mulai melihat salju pertama turun, sekarang ini kita masih dua bulan lebih awal dari jadwal musim dingin yang sebenarnya tapi tidak masalah dengan perubahan cuaca ini dan masyarakat tampaknya bergembira menyambut musim dingin yang akan datang.”

Setelah pada hari Sabtu (8/4/2017) cuaca berlangsung amat cerah, Negara Bagian Victoria bersiap menyambut kondisi buruk ini ketika badai berlalu dari tenggara, membawa guntur dan kilat ke wilayah Geelong dan Melbourne.”

pelangi diatas Kota Melbourne
Badai pada Sabtu (8/4/2017) menyisakan pelangi di langit kuning diatas Kota Melbourne.

ABC News: Patrick Rocca

Setelah cuaca pada Minggu pagi (9/4/2017) berlangsung relatif nyaman, suhu diperkirakan akan mulai menurun ke kondisi seperti musim dingin saat badai mulai bergerak melintas dan suhu udara akan menurun hingga minus 10 – 12 derajat Celcius.

Biro Meteorologi (BOM) mengatakan distrik pusat akan mendapat curahan hujan yang tinggi, dimana beberapa wilayah akan terisolasi hingga 75mm diharapkan di Melbourne.

Hujan dengan intensitas terbesar diperkirakan akan terbentuk di barat daya sore ini sebelum pindah ke daerah pusat kemudian pada sore hari sebelum mencapai wilayah Gippsland [Senin]," kata Richard Carlyon dari BOM.

"Distrik sentral mungkin akan melihat sebagian besar hujan hari ini, dengan jatuh umum 20 sampai 50mm, dengan beberapa bagian tertentu di Kota Melbourne ketinggian curah hujan akan mencapai 75mm. Terutama pinggiran timur bisa menghadapi terjangan hujan sederas itu.",

"Curah hujan terbesar akan berkembang di sebelah tenggara Victorua pada sore hari sebelum mencapai wilayah Gippsland [pada Senin (10/4/2017)]," Kata Richard Carlyon dari Biro Prakiraan Cuaca Australia (BOM).

"Distrik-distrik utama kemungkinan akan mendapatkan guyuran hujan deras hari ini, dimana ketinggian curah hujan pada umumnya akan mencapai 20 hingg 50mm, dibeberapa tempat terisolasi curah hujan sampai 75mm di Melbourne. Terutama di bagian timur pinggiran kota Melbourne yang dapat menerima guyuran hujan deras.”

Diterjemahkan pada pukul 17:00 WIB, 9/4/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.