ABC

Salah Satu Organ Paling Nyaring di Dunia Ada di Brisbane

Festival Baroque di Brisbane menyambut salah satu pemain organ ternama di dunia untuk memainkan organ pipa besar yang berada di Balai Kota Brisbane.

Richard Gowers, pemain organ asal Inggris rencananya akan memainkan karya musisi klasik, Bach dengan organ pipa yang telah berusia 123 tahun.

Kemampuan bermain organ dari pria yang baru berusia 20 tahun ini bahkan hingga disebut kehebatan ajaib. Ia telah tampil di Katedral St Paul dan Windsor Castle di Inggris, selain juga di Katedral Nasional di Washington.

Gowers mengatakan organ pipa yang berada di Balai Kota Brisbane adalah yang paling nyaring dibanding dengan organ-organ pipa di negara-negara lain yang pernah ia kunjungi.

"Ini adalah organ yang luar biasa untuk dimainkan, lebih nyaring dan besar dari yang pernah saya mainkan," ujar Gowers. "Ada organ seperti ini di Inggris, tetapi skala dan suaranya tidak sebesar dan sekeras ini."

Ia juga menjelaskan bahwa organ pipa biasanya mengikuti besarnya ruangan. Karenanya, setiap organ pipa di dunia memiliki ukuran yang berbeda-beda, tidak ada dua organ yang identik sama persis.

Organ pipa yang berada di Balai Kota Brisbane menjadi salah satu terbesar dan ternyaring di dunia. Foto: Terri Begley.

Gowers mengatakan orang tuanyalah yang mendorong dirinya untuk menjadi seorang musisi.

Ia telah terjun di dunia musik sejak usianya masih sangat muda, berawal dari menjadi anggota paduan suara di Choir of Kings College di Cambridge, Inggris.

Gowers pun telah menghabiskan lima tahun untuk belajar musik di Eton College, Windsor, Inggris.

"Benar-benar kebetulan saja saat saya masuk ke paduan suara. Saya berada di kelas musik di sekolah tempat saya mengikuti paduan suara..." ujar Gowers.

"Orang tua sudah menganggap musik sebagai bagian hidup saya sejak saya kecil, karena reaksi saya saat mendengar musik," akunya.  "[Kata orang tua] musik membuat saya tegang, kadang menghentikan saya menangis atau membuat saya sangat waspada..."

Festival Baroque di Brisbane akan berlangsung hingga Sabtu, 18 April. Baroque adalah istilah yang merujuk pada gaya musik, seni, dan arsitektur Eropa di abad 17 dan 18. Sejumlah musisi klasik yang berada pada era Baroque adalah Antonio Vivaldi dan Johan Sebastian Bach.

Richard Gowers akan berpartisipasi di Festival Baroque Brisbane tahun ini. Foto: Terri Begley.