ABC

Rosberg Juara F1 di Melbourne, Rio Berhenti di Lap 19

Pembalap tim Mercedes asal Jerman Niko Rosberg menjuarai balapan pertama F1 musim kompetisi 2016 di Albert Park Melbourne, dengan debutan asal Indonesia Rio Haryanto terhenti di lap 19.

Niko Rosberg mengungguli rekan satu tim juara bertahan Lewis Hamilton dari Inggris, dengan Sebastian Vettel dari tim Ferrarri berada di tempat ketiga disusul pembalap tuan rumah Australia Daniel Ricciardo dari Red Bull di tempat keempat.
 
Balapan sempat diwarnai drama di lap ke-19 ketika mobil McLaren mantan juara dunia Fernando Alonso menabrak bagian belakang mobil Esteban Gutierrez, dan menyebabkan mobil Alonso terbang di udara sebelum menabrak dinding sirkuit.
 
Untunglah Alonso tidak mengalami cedera sama sekali, dan balapan sempat dihentikan selama 15 menit.
 
Setelah balapan dimulai lagi pembalap Indonesia Rio Haryanto yang membalap untuk tim Manor tidak lagi turun di arena, dan menurut tim, mobil Haryanto mengalami masalah dengan driveline.
 
Sebelumnya, Haryanto yang memulai balapan dari tempat paling belakang, setelah sehari sebelumnya terkena hukuman karena menabrak mobil Romain Grosjean, berada di bagian belakang.
 
Dalam keterangan kepada wartawan Rio mengatakan bahwa 'walau tidak menyelesaikan lomba, dia menikmati balapan pertamanya sebagai pebalap F1."
 
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrowi memberikan semangat pada pebalap FI Rio Haryanto meski tidak bisa melanjutkan balapannya di Australia Grand Prix. (image  ManorRacing)
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrowi memberikan semangat pada pebalap FI Rio Haryanto meski tidak bisa melanjutkan balapannya di Australia Grand Prix. (image ManorRacing)

 
Di bagian depan, ketika lomba dimulai juara dunia empat kali Vettel asal Jerman melesat ke depan, mengungguli Hamilton dan Rosberg, yang semula diperkirakan akan menang dengan mudah.
 
Perjalanan Vettel merebut tempat pertama terganggu karena adanya kecelakaan di lap 19 dan juga di akhir lomba dimana dia berada di dalam pit terlalu lama.
 
Rosberg dan Hamilton menguasai lomba di tahun 2015 dan diperkirakan akan mendominasi lagi balapan 2016.
 
NIko Rosberg tidak menyembunyikan kegembiraannya berhasil menjadi juara di balapan pertama, dimana tahun lalu pemenanganya adalah Lewis Hamilton.
 
"Ini akhir pekan yang bagus. Terima kepada seluruh tim yang berhasil menyediakan mobil yang luar biasa." kata Rosberg.
 
"Bisa mengalahkan Ferrarri, tentu saja merupakan hal yang bagus. Saya sangat terkesan." lanjutnya.
 
Lomba berikutnya adalah di Bahrain dua pekan dari sekarang, 1-3 April.