ABC

Roger Federer VS Hyeon Chung di Semifinal Australia Open 2018

Petenis tunggal putra Swiss, Roger Federer akan berhadapan dengan petenis Korea Selatan, Hyeon Chung di pertandingan semifinal Australia Open 2018, setelah kedua pemain lolos menjadi pemenang pertandingan di babak 8 besar hari Rabu (24/1/2018) di Melbourne Park.

Roger Federer telah mengatasi awal yang buruk untuk menyingkirkan Tomas Berdych dalam dua set langsung untuk memastikan tempat di semifinal Australia Open lainnya di Melbourne Park.

Kemenangan 7-6 (7/1), 6-3, 6-4 atas Tomas Berdych  ini membuka jalan bagi superstar tenis dunia ini untuk selangkah lebih dekat lagi ke gelar grand slam ke-20-nya. Ia akan turun bermain di laga empat besar melawan petenis Korea Selatan Hyeon Chung, yang membukukan tempat di semi final pertamanya usai mengalahkan petenis Amerika, Tennys Sandgren.

Dalam pertandingan yang berlangsung selama dua jam 14 menit ini, Roger Federer yang merupakan juara dunia 19 kali itu sempat terlambat beberapa saat untuk menguasai pertandingan namun ia berhasil mengejar ketinggalan dan menemukan bentuk permainannya serta sukses melayangkan pukulan kuat yang menghancurkan psikologis Berdych - yang pernah mengalahkannya di kejuaraan AS Open 2012.

Semifinal pertama Hyeon Chung

Tennys Sandgren berjabatan tangan dengan Hyeon Chung usai kalah di Australian Open
Hyeon Chung's (kanan) melaju ke semifinal Australia Open dengan gemilang.

AP: Ng Han Guan

Petenis Korea Selatan Hyeon Chung, berhasil mencatatkan diri sebagai petenis termuda yang melaju ke semi-final Australia Open usai menumbangkan lawannya petenis Amerika Serikat (AS) Tennys Sandgren yang sebelum turun bertanding menuai sorotan akibat ciutannya yang kontroversial di media sosial.

Petenis Korea Selatan yang tidak diunggulkan, Hyeon Chung – yang secara mengejutkan juara grand slam enam kali Novak Djokovic di babak keempat - berhasil mempertahankan bentuk permainan terbaiknya untuk mengalahkan Sandgren 6-4, 7-6 (7/5), 6-3 di Rod Laver Arena. Kemenangan ini sekaligus mencatatkan dirinya sebagai pemain Korea Selatan pertama yang mencapai babak semifinal dalam sebuah turnamen besar.

Dalam babak semifinal pada hari Kamis (25/1/2018) besok, petenis putera Kroasia Marin Čilić akan turun bermain terlebih dahulu dalam pertandingan siang hari melawan petenis Inggris, Kyle Edmund di stadion Rod Laver Arena.

Laga semifinal tunggal puteri

Simona Halep merayakan kemenangannya melawan Karolina Pliskova di Australian Open
Simona Halep (kiri) melangkah ke semifinal pertamanya di ajang Australian Open setelah menang atas Karolina Pliskova.

AP: Ng Han Guan

Sementara itu dari nomor tunggal puteri, babak semifinal pada Kamis (25/1/2018) akan menghadirkan pertandingan antara petenis muda Belgia Elise Mertens melawan petenis nomor dua dunia, Caroline Wozniacki, pada laga siang hari dan pada pertandingan malam hari antara petenis nomor satu dunia, Simona Halep yang akan turun bermain melawan mantan petenis nomor satu dunia, Angelique Kerber.

Petenis Belgia, Elise Mertens yang tidak diunggulkan secara mengejutkan melaju ke semifinal Australia Open 2018 usai menundukan petenis nomor empat dunia Elina Svitolina 6-4, 6-0 di Rod Laver Arena, Selasa (23/1/2018) lalu. Sedangkan petenis tunggal puteri asal Denmark, Caroline Wozniacki lolos ke babak empat besar ini usai mengalahkan petenis dari Spanyol, Carla Suarez Navarro di Red Laver Arena, pada hari yang sama.

Sementara itu Simona Halep lolos ke semifinal di Melbourne Park untuk pertama kalinya dengan kemenangan 6-3, 6-2 atas Pliskova di Rod Laver Arena melalui pertandingan yang berlangsung satu jam 13 menit pada hari Rabu (24/1/2018). Dan sebelumnya pada hari yang sama, Angelique Kerber Petenis tunggal putri asal Jerman, Angelique Kerber melangkah ke semifinal turnamen Grand Slam Australia Open 2018 usai mengalahkan petenis Amerika Serikat, Madison Keys di babak 8 besar dengan skor meyakinkan 6-1 dan 6-2 di Rod Laver Arena, Rabu (24/1/2018).
Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.