ABC

Roger Federer Hadapi Lawan Sulit, Kimberly Birrel Bermain Cemerlang

Juara Australia Open enam kali, Roger Federer mendapat perlawanan sengit dari petenis Inggris Dan Evans di putaran kedua yang berlangsung Rabu (16/1/2019) di Arena Melbourne Park. Namun berkat ketangkasannya, langkah Federer terus berlanjut ke putaran ketiga Australia Open 2019.

Federer, peraih 20 gelar juara tunggal utama, menang 7-6 (7-5), 7-6 (7-3), 6-3 di Rod Laver Arena dalam pertandingan yang sangat menghibur dimana pemain nomor tiga dunia ini beberapa kali dipaksa untuk menggali lebih dalam kehandalannya di lapangan untuk melayani permainan Dan Evans.

"Saya pikir saya tidak mungkin mundur di awal pertandingan," kata Federer usai bertanding.

"Semangat seperti itu selalu membantu ketika Anda istirahat cepat, menangkan set pertama dan kemudian mungkin mulai menekan memberikan tekanan lebih pada lawan.

"Saya pikir dia bermain sangat baik. Sulit untuk bermain santai."

Evans dengan cerdik memvariasikan permainannya untuk menyulitkan pemain asal Swiss, yang menggunakan taktik service-and-volley, slice backhand dan beberapa passing shot yang sensasional untuk mendorong dua set pembuka ke tiebreak.

Federer akhirnya menang, namun ia dipaksa mengambil beberapa pelajaran berharga dari pertemuannya dengan Evans, seiring usahanya memenangkan Piala Norman Brookes Challenge Cup untuk kesempatan ketujuh dan ketiga berturut-turut.

Dans Evans lolos ke unggulan utama di Melbourne dan bermain tanpa beban melayani siapapun lawannya di putaran kedua.

Pemain berusia 28 tahun itu berada di peringkat 41, tetapi ia sempat menjadi berita utama di lapangan Australia Open, setelah menjalani skorsing 12 bulan karena menggunakan narkoba.

Dia kembali ke ATP Tour tahun lalu dan lolos kualifikasi Australia Open sebagai peringkat 189 dunia tetapi dia akan naik peringkat karena berhasil masuk ke putaran kedua.

Federer akan melawan Taylor Fritz di babak ketiga, petenis Amerika ini maju setelah melalui kemenangan 6-3, 6-7 (8-10), 7-6 (8-6), 7-6 (7-5) di atas unggulan ke-30 Gael Monfils.

Di hari kedua ini sejumlah pemain unggulan putera juga masih berlanjut permainannya ke putaran ketiga adalah finalis yang kalah tahun lalu Marin Cilic dan bintang yang sedang naik daun Yunani, unggulan ke-14 Stefanos Tsitsipas.

Sementara langkah pemain lainnya terhenti dalam turnamen ini. Unggulan kelima Afrika Selatan Kevin Anderson dikalahkan oleh petenis peringkat ke-39 dunia, Frances Tiafoe dengan skor 4-6, 6-4, 6-4, 7-5.

Nasib serupa dialami petenis Australia Jordan Thompson setelah kalah langsung dari veteran Italia Andreas Seppi.

Kimberly Birrell Menuai Decak Kagum

Kimberly Birrell
Kimberly Birrell merayakan kemenangannya atas Donna Vekic, peringkat 29 dunia.

AAP: David Crosling

Sementara itu dari nomer tunggal puteri, pemegang wildcard Australia, Kimberly Birrell berhasil tapil mengejutkan lawannya Donna Vekic yang berada di peringkat 29 dunia sebelum sukses melenggang ke putaran ketiga Australia Terbuka.

Birrel yang saat ini bertengger di peringkat 240 dunia itu seperti tidak percaya dengan skor kemenangannya 6-4, 4-6, 6-1 atas petenis Kroasia yang membuka peluang baginya untuk menjamu unggulan kedua puteri, Angelique Kerber, jika Kerber berhasil mematahkan langkah petenis kualifikasi Brasil Beatriz Haddad Maia.

"Ini luar biasa, rasanya tidak mungkin, tetapi yang saya tahu adalah saya bermain total di lapangan," kata Birrell.

"Saya menyerap semangat yang diberikan penonton dan mereka penonton yang luar biasa. Saya bisa bermain lagi. Ini sungguh gila."

Bintang Birrell akan semakin bersinar jika dia berhasil menelurkan kejutan lainnya dengan Kerber, atau pemain kualifikasi Haddad Maia.

Birrell lahir dari orang tua Australia yang tinggal di Dusseldorf, Jerman, sementara ayahnya John bekerja sebagai pelatih tenis.

Dia pindah ke Australia pada usia tiga tahun ketika John menerima pekerjaan sebagai pelatih kepala di Akademi Tenis Pat Cash di Gold Coast.

Birrell memiliki dua gelar ITF dan membuat percikan awal tahun ini dengan kemenangan atas petenis nomor 10 dunia Daria Kasatkina dari Rusia di Brisbane International, sebelum kalah di babak 16 besar.

Unggulan puteri lainnya yang sukses melaju ke putaran tiga antara lain juara bertahan Caroline Wozniacki yang mengalahkan petenis Swedia Johanna Larsson 6-1, 6-3.

Unggulan kelima dan pemenang AS Terbuka Sloane Stephens setelah meraih kemenangan 6-3, 6-1 atas Timea Babos dari Hongaria.

Namun unggulan kesembilan Belanda Kiki Bertens keluar dari turneman setelah kalah 3-6, 6-3, 6-3 dari petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini dan disini.