ABC

Ribuan Pelajar Internasional di Australia Belajar Bahasa Inggris di Pinggir Pantai

Pernah bermimpi belajar tata bahasa atau grammar bahasa Inggris sembari menatap indahnya pantai?. Itulah yang dilakukan lebih dari 2800 pelajar internasional di Pantai Bondi, Sydney, Jumat (12/2). Kegiatan inipun masuk rekor dunia.

Pelajar internasional di Pantai Bondi. (Foto: Phil Carrick Photography)
Pelajar internasional di Pantai Bondi. (Foto: Phil Carrick Photography)

Dantong Xie menyadari betapa pentingnya bahasa Inggris.

"Bahasa Inggris adalah bahasa global. Banyak pengetahuan termutakhir ditulis dalam bahasa Inggris jadi penting untuk mengetahui bahasanya," tuturnya.

Mahasiswa 23 tahun asal China ini datang ke Australia sejak bulan November 2015 untuk menempuh pendidikan Master Kesehatan Mata di Universitas Teknologi Sydney. Sebelum memulai pendidikan pasca sarjananya, ia memutuskan untuk mengambil kursus agar kemampuan bahasa Inggrisnya meningkat.

Saya harus berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Inggris di masa belajar dan kerja saya ke depan, jadi saya perlu untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi secara efektif dengan mereka.

Dantong adalah salah satu dari 2800 pelajar internasional yang menghadiri Pelajaran Bahasa Inggris Terbesar di Pantai Bondi. Mewakili lebih dari 100 negara, para pelajar ini mencatat rekor dunia untuk pelajaran bahasa Inggris terbesar yang pernah ada.

Pelajaran ini digelar selama 3 jam oleh sejumlah guru dari universitas-universitas dan sekolah bahasa di Australia menggunakan layar proyektor besar. beberapa hal yang dipelajari ribuan pelajar itu termasuk kata kerja, kata sifat dan ungkapan.

Dantong (tengah) dengan teman-temannya di acara Pelajaran Bahasa Inggris, Pantai Bondi. (Foto: Dantong Xie)
Dantong (tengah) dengan teman-temannya di acara Pelajaran Bahasa Inggris, Pantai Bondi. (Foto: Dantong Xie)

Di acara itu, Dantong bertemu sesama pelajar internasional lainnya dan bertukar ide tentang bagaimana belajar bahasa Inggris secara efektif.

Beberapa mengatakan kepada saya, mereka belajar bahasa Inggris dengan berbicara kepada orang dari budaya yang berbeda sementara lainnya belajar dengan menonton film berbahasa Inggris.

Di sela waktu luangnya, Dantong mengatakan, ia merekam dirinya berbicara bahasa Inggris di ponselnya.

"Saya mendengar kembali rekamannya dan itu cara yang bermanfaat untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa dan pengucapan," ujarnya.

Sarannya dalam belajar bahasa Inggris? "Berani berbicara dengan orang-orang dari budaya lain."

Darian Tanone ikut serta dalam pelajaran bahasa Inggris. (Foto: Darian Tanone)
Darian Tanone ikut serta dalam pelajaran bahasa Inggris. (Foto: Darian Tanone)

Darian Tanone mulai belajar bahasa Inggris karena ia senang mendengar bahasa itu diucapkan.

"Bahasanya kedengaran sangat berkelas dan elegan ketika diucapkan," pendapatnya.

Darian yang berusia 21 tahun berasal dari Indonesia dan datang ke Australia 3 tahun lalu untuk belajar manajemen di Universitas Teknologi Sydney. Minatnya dalam bahasa Inggris berkembang seiring waktu mengingat ia mengembangkan kosakata dan mengasah kemampuan tata bahasa-nya.

Di acara Pelajaran Bahasa Inggris Terbesar ini, ia ambil bagian dalam permainan yang mengharuskan para pelajar untuk mengingat lagu berbahasa Inggris dan menyanyikannya dengan benar di panggung.

Darian telah menggunakan beberapa cara non-konvensional untuk belajar bahasa Inggris - termasuk lewat musik, film dan komik.

"Sejak saya suka membaca komik, saya mempraktekkan kemampuan tata bahasa dengan membaca beberapa komik," akunya.

Saya mendengarkan musik dan belajar dari liriknya. Jika anda bernyanyi lagu bahasa Inggris yang mudah, cobalah menyanyikannya beberapa kali. Setelah beberapa waktu, anda akan menyadari pengucapan anda lebih baik dari sebelumnya.

Menonton film dengan atau tanpa teks adalah metode lain yang digunakan Darian untuk mempraktekkan kemampuan mendengar dan berbicaranya.

Darian mengatakan, cara yang baik untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakan cermin.

"Lihat ke cermin dan berpura-puralah orang yang ada di depan cermin hanya bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Terus praktekkan, praktek membuat anda mahir!."

Pelajaran bahasa Inggris di Pantai Bondi. (Foto: Dantong Xie)
Pelajaran bahasa Inggris di Pantai Bondi. (Foto: Dantong Xie)

Untuk pelajaran dan tips harian berbahasa Inggris, like halaman Facebook kami.