ABC

Ribuan Orang Akan Hadiri Malam Mengenang Korban Pembunuhan di Melbourne

Ribuan orang diperkirakan akan berkumpul di Princess Park, Melbourne guna mengenang komedian perempuan Eurydice Dixon yang tewas setelah diperkosa dan dibunuh minggu lalu.

Lapangan dimana jasad Dixon ditemukan sudah dipenuhi dengan bunga sejak kejadian minggu lalu namun polisi juga menemukan adanya kata-kata kotor dituliskan di rumput di tempat tersebut Senin (18/6/2018) dinihari.

Karangan bunga yang ada tidak dirusak, namun polisi mengatakan sejumlah barang disita dari tempat kejadian, dan anjing pelacak dikirim ke sana untuk mencari siaap pelaku yang menuliskan kata-kata tidak senonoh tersebut.

Polisi serius untuk mencari pelakunya, dengan Kepala Polisi Victoria Commisioner Graham Ashton mengatakan ada banyak kamera CCTV di lokasi kejadian yang diharapkan bisa membantu polisi mencari pelaku vandalisme tersebut.

Sekitar 10 ribu orang sudah mengatakan akan datang ke Princess Park, dan ribuan orang lain diperkirakan akan melakukan hal yang selama di berbagai kota di Australia.

Seorang pemuda asal Broadmeadows, Jaymes Todd 19 tahun sudah ditangkap dan dikenai tuduhan atas pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Dixon.

Tewasnya Dixon sudah menimbulkan perdebatan mengenai keamanan bagi perempuan untuk keluar rumah di kota Melbourne yang selama tujuh tahun dijuluki kota paling layak huni di dunia.

Megan Bridger-Darling adalah salah satu orang yang mengorganisir pertemuan mengenang Dixon dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada semua orang untuk berkumpul menunjukkan rasa hormat, cinta dan solidaritas.

Ini cara kita untuk menujukkan ini adalah taman kita, dan kita merasa aman di sini, ini adalah lapangan sepakbola kita. ini adalah daerah kita." kata Bridger-Darling.

"Dan mereka tidak bisa mengambil semua itu lewat rasa takut."

Princess Park adalah wilayah taman yang luas dengan berbagai fasilitas olahraga yang terletak antara kampus Universitas Melbourne dengan suburb Brunswick, biasanya populer dengan mereka yang suka jogging dan kegiatan lain sampai malam.

Jasad Dixon ditemukan sekitar pukul 3 dinihari setelah sebelumnya komedian perempuan muda ini berjalan kaki pulang ke rumahnya setelah tampil dalam pertunjukkan di pusat kota Melbourne yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari tempat kejadian.

A smiling Eurydice Dixon looks at the camera in a garden in daytime.
Tewasnya Eurydice Dixon menimbulkan pertanyaan mengenai keselamatan perempuan berjalan sendiri di malam hari di Melbourne.

Supplied: Facebook

Setelah kejadian, polisi mendapat kritikan setelah mengatakan bahwa warga harus bertanggung jawab sendiri atas keamanan diri mereka.

Kepala Polisi Victoria Graham Ashton sekarang mengatakan polisi sendiri harus berhati-hati dengan pernyataan mereka sehingga tidak disalahartikan.

"Tentu saja bagi polisi ketika memberikan pernyataan mengenai keamanan publik, kita harus berhati-hati dengan bagaimana kita mengatakannya." kata Ashton.

"Bila bahasanya tidak benar atau tidak tepat, kita harus memahami itu bisa menyebabkan kemarahan."

"Kami tidak bermaksud menyalahkan korban, dan kita tentu saja sangat setuju bahwa perempuan dan juga laki-laki, memiliki hak berjalan kaki di tempat umum kapan saja mereka mau dan merasa aman."

Walikota Melbourne yang baru Sally Capp akan bertemu dengan Polisi Victoria hari Senin guna membicarakan cara guna meningkatkan keamanan di kota Melbourne setelah peristiwa yang menimpa Dixon.

Capp yang juga akan menghadiri acara nanti malam mengatakan bahwa minggu lalu pemerintahan kota Melbourne sedang bekerja untuk meningkatkan penerangan di Melbourne sebagai rencana jangka panjang guna meningkatkan keamanan.

"Semua kota memiliki masalah dengan keamanan di malam hari, dan saya merasa sangat sedih dengan apa ayng terjadi, dan bekerjasama dengan pihak keamanan, khususnya polisi, kami akan terus belajar dari peristiwa tragis ini dan membangun kota yang lebih aman." katanya.

Commisioner Graham Ashton mengatakan pemasangan lebih banyak CCTV sedang dipertimbangkan.

"Kami sudah memiliki kehadiran polisi yang kuat di kota sepanjang waktu, jadi yang diperlukan adalah tidak mengubah hal terlalu drastis namun memperkuat hal yang sudah ada." katanya.

"Bila ada perbaikan yang diperlukan, kami akan melakukannya."

Selain di Princess Park, pertemuan mengenang Dixon ini juga akan dilakukan di kota besar seperti Sydney, Adelaide, Perth dan Hobart serta kota regional seperti Geelong, Ballarat, Bendigo, Albury-Wodonga dan Castlemaine di Victoria dan juga Devonport dan Launceston di Tasmania.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini