ABC

Restoran di Victoria Sajikan Cita Rasa Asli Australia

Dari Brae hingga Hotel Royal Mail, Oakridge Estate, The Little Green Corner dan masih banyak lagi –chef asal Victoria berbagi komitmen untuk menggunakan bahan-bahan asli Australia dan Victoria.

Menu-menu di sini telah berkembang melampaui kemangi dan tomat hutan lalu kini meliputi bahan-bahan seperti buah riberry, limau liar, biji akasia, cranberi asli Australia, lada gunung, daun mint hutan, bayam Selandia Baru, vanila dan serbuk lily coklat, dan stroberi hutan.

Cita rasa asli Australia menjadi begitu populer dengan chef, pertanian dan produsen asal Victoria semakin mengkhususkan diri pada tanaman dan herbal langka dan memproduksi mereka untuk memasok permintaan ini. Sejumlah produsen sekarang menawarkan pengalaman mendalam di mana pengunjung bisa belajar tentang menanam dan memasak dengan bahan-bahan asli.

Regional native plant propagator and nursery owner Mike Edwards says that finally, after years of propagating native bush food plants in his Colac nursery with little demand he is now selling more than he ever has. This year he will be doubling the quantities he propagates for sale in 2016. While his team often plant more than 10,000 native seedlings a day, he requires particular native bush foods that are hard to obtain and require propagation.

Pekebun dan pemilik pembibitan tanaman asli, Mike Edwards, mengatakan, akhirnya, setelah bertahun-tahun menumbuhkan tanaman pangan semak asli di perkebunan Colac miliknya dengan sedikit permintaan, ia sekarang menjual tanaman ini lebih dari yang pernah ia alami. Tahun ini, ia akan menggandakan jumlah yang ia tanam untuk dijual sepanjang 2016. Sementara timnya seringkali menanam lebih dari 10.000 bibit asli dalam sehari, ia membutuhkan makanan semak asli tertentu yang sulit didapatkan dan perlu dirambatkan.

PRODUSEN DAN PERTANIAN

Perkebunan Peppermint Ridge

Peppermint Ridge Farm adalah properti seluas 8 hektar yang terletak di hutan dekat Taman Negara Bagian Bunyip (West Gippsland) di Tynong Utara. Di sini, mereka begitu bergairah untuk menumbuhkan dan menghasilkan makanan hutan berkualitas selaras dengan lingkungan Australia mereka yang unik. Pengunjung bisa menikmati berbagai pengalaman "Taste Learn See" (rasakan pelajari lihat) yang dirancang untuk menarik minat akan makanan semak asli Australia yang unik.

Dapur Saltbush

Terletak di kebun Eureka di M.A.D.E, Ballarat, Saltbush Kitchen adalah ruang modern yang indah, yang menghadap ke kebun dan danau Tugu Taman Eureka. Saltbush Kitchen membawa pengunjung untuk menikmati petualangan kuliner Australia, dengan makanan lezat sederhana yang menampilkan makanan semak Australia dengan tarif lokal. Mereka juga memiliki pilihan rempah-rempah makanan hutan Australia dan makanan yang disajikan dengan cantik atau ‘gourmet food’.

Forgotten Foods

Nuansa di Forgotten Foods di Kinglake adalah tentang menghadirkan kembali cita rasa asli Australia dalam sajian makanan. Kebun di Kinglake ini menawarkan berbagai tanaman makanan dari hutan untuk dijual. Selain buah asli, sayuran, bumbu dan rempah-rempah, mereka juga mengembangkan produk segar asli hutan produksi mereka sendiri. Mereka juga menjalankan kelas pembibitan dan memasak dengan tanaman hutan.

Perkebunan Rhyll Trout dan Bush Tucker

'Rhyll Trout dan Bush Tucker Farm' di Pulau Phillip adalah rumah bagi Jalur ‘Bush Tucker’ yang melalui tiga hektar kebun tanaman pangan asli, memproduksi sejumlah buah-buahan, berry, biji, daun dan bunga yang bisa dimakan. Pengunjung bisa mengikuti tur untuk belajar tentang kualitas tanaman yang bisa dimakan dari kebun Bush Tucker yang luas dan belajar tentang budaya Aborijin secara bersamaan. Kafe di dalam perkebunan ini menawarkan masakan rumah yang disajikan dengan indah, dengan bahan-bahan seperti ikan pelangi, makanan asli hutan dan telur organik.

Kebun ‘Special Effect’

Kebun ‘Special Effect’ di Colac menghasilkan tanaman yang mengilhami kehidupan dan kesehatan. Selain menawarkan sejumlah pohon untuk pertanian dan tanaman lanskap, mereka mengkhususkan diri dalam makanan asli Australia atau tanaman pangan liar untuk berkebun di rumah dan berkebun secara komersil. Tanaman pangan yang ditawarkan meliputi daun mint hutan, lada gunung, daun mint bulat, daun mint lemon, kemangi dan stroberi hutan.

Klub Diggers

Kebun Heronswood di Dromana adalah rumah dari Klub Diggers, yang menampilkan bunga-bunga dan tanaman terbaik untuk kondisi Australia. Toko ‘Diggers Garden’ memiliki berbagai macam tanaman yang ditawarkan dan mengkhususkan diri dalam bibit khas ‘Digger’, bunga hias dan tanaman yang bisa dimakan. Pengunjung bisa bersantap di restoran Heronswood, yang terletak di dalam Heronswood House yang bersejarah, memilih mulai dari hidangan yang memiliki sayuran dan buah-buahan yang ditumbuhkan di kebun mereka.

RESTORAN & KAFE

Brae

Di restoran Brae di Birregurra, chef peraih penghargaan, Dan Hunter, menyajikan masakan kontemporer dengan komitmen untuk menggunakan produk musiman, dengan menu sehari-harinya mencerminkan kualitas terbaik dari kebun organik di properti bukit yang luas. Setiap hari, bahan-bahan berkualitas tertinggi dipilih secara cermat dari kebun buah dan sayur organik di Brae, peternakan lokal dan produsen ramah lingkungan dari Victoria dan tempat lainnya. Bahan-bahan asli pada menu termasuk buah pesisir -makanan dari pantai, garam ruby, cranberi asli, buah quandong, limau lonjong dan bunga pepperberry, ditambah abalone lokal ramah lingkungan, lobster batu dan landak laut.

Hotel Royal Mail

Hotel Royal Mail di Dunkeld adalah rumah bagi restoran ‘Dining Room’ yang sangat diakui, yang menawarkan masakan berbasis alam berfokus pada kualitas terbaik dan berasal dari lingkungan lokal. Mendapat ulasan dua topi chef (semacam bintang) oleh ‘Age Good Food Guide 2015’, dapurnya digawangi oleh chef eksekutif Robin Wickens. Setiap hari, Robin dan tim chef-nya memanen hasil kebun yang menginspirasi menu hari itu dari kebun dapur organik. Kebun buah dan zaitun hotel memberi panen produk musiman lebih lanjut.

Semua tamu yang menginap di Hotel Royal Mail akan disuguhi Tur Kebun Dapur gratis dengan salah satu chef restoran. Tur ini menunjukkan praktik organik yang digunakan oleh hotel dan bagaimana panen harian memengaruhi menu. Filosofi di balik Kebun Dapur adalah bahwa makanan seharusnya diproduksi dengan menggunakan prinsip-prinsip organik dengan dampak yang sekecil mungkin terhadap Bumi. Kebun ini bertujuan untuk menyediakan produk seperti sayuran organik, herbal, bunga yang bisa dimakan, buah dan kacang-kacangan sepanjang tahun.

Kafe Bushtucker

Kafe Bushtucker di Taman Nasional dan Pusat Budaya Brambuk memiliki menu yang menggabungkan makanan tradisional Aborijin dengan menu yang lebih kontemporer saat ini. Yang ditawarkan adalah hidangan yang dibuat dengan kanguru, emu dan buaya. Pengunjung juga bisa bergabung dengan tur jalan kaki dengan pemandu di kebun asli dan lahan basah di Brambuk untuk menemukan keragaman tanaman Gariwerd dan belajar penggunaan tradisional mereka.

Oakridge Wines

Restoran di Oakridge Wines menawarkan menu yang memanfaatkan bahan-bahan makanan di sekitar Lembah Yarra. Dengan tiap pergantian musim, chef eksekutif Matt Stone menyesuaikan menu untuk membuat pilihan hidangan berdasarkan pada ketersediaan dan kualitas produk di wilayah itu. Bahan asli ditemukan pada menu termasuk biji-bijian asli Aborijin, lada gunung lada, cranberi asli, limau lonjong, plum Davidson, daun kayu manis, buah beri ceri dan jeruk sunrise. Bahan-bahan ini, yang unik dalam rasa, semuanya digunakan untuk menggantikan bahan-bahan Eropa dan umum.

Little Green Corner

Little Green Corner di Jalan Lt. Ryrie, Geelong, menganut tiga nilai inti: kesederhanaan, berpikir dan bertindak secara lokal, serta ramah lingkungan. Bertempat di salah satu bangunan tertua Geelong, Little Green Corner membanggakan menu musiman yang ramah lingkungan, yang tak dibuat banyak, dan terhubung dengan produk dari wilayah Geelong. Para tamu bisa mengharapkan untuk menemukan tomat terbaik di musim panas, jamur di musim dingin dan asparagus di musim semi. Mereka juga menawarkan wisata kuliner reguler dalam wilayah Geelong (Surf Coast, The Bellarine, Otways) di mana wisatawan bisa menemukan bahan-bahan yang bisa dimakan seperti sayur laut, gulma, jamur dan masih banyak lagi.

GrumbleTumms

GrumbleTumms adalah sebuah truk makanan dan dapur katering yang berbasis di Geelong. Mereka mengkhususkan diri pada makanan asli Australia dan menu mereka mengandung bahan-bahan seperti daging buaya, emu, kanguru, herbal hutan dan masih banyak lagi.

PENGALAMAN

Sepanjang Negara bagian Victoria, ada sejumlah pengalaman mendalam yang tersedia bagi mereka yang ingin belajar tentang bagaimana mengenali bahan asli yang bisa dimakan, bagaimana untuk menumbuhkan mereka dan bagaimana memasak mereka.

Gippsland Food Adventures bertujuan untuk menampilkan makanan asli, masyarakat dan wilayah Gippsland dalam cara yang menyenangkan, santai dan informatif. Kegiatan ini dioperasikan oleh petani lokal yang ingin berbagi semangat mereka akan pertanian, makanan dan minuman anggur untuk membuat pengalaman yang inovatif. Mereka menawarkan kelompok wisata kecil (4-10 orang), di mana para tamu bisa bertemu produsen, melihat pertanian mereka, mendengar cerita mereka dan merasakan gairah yang berhubungan dengan produk mereka.

Juga terletak di Gippsland, ‘Peppermint Ridge Farm’ menawarkan kelas memasak yang menunjukkan betapa mudahnya untuk menggabungkan rasa sensasional dari bahan makanan asli Australia seperti lemon dan adas hutan, stroberi hutan, lada gunung dan daun mint ke dalam masakan rumah.

‘Forgotten Foods’, di Kinglake, juga menawarkan kelas memasak masakan asli Australia di mana peserta diajarkan tentang sejarah makanan asli Australia, bagaimana mereka bisa menumbuhkan tanaman itu sendiri di rumah dan bagaimana menggunakannya untuk memasak sehari-hari.

Di ‘Rhyll Trout’ dan ‘Bush Tucker Farm’ di Pulau Phillip, pengunjung bisa bergabung dengan tur untuk belajar tentang kualitas sejumlah bahan makanan asli Australia yang ditumbuhkan.

Atau di Taman National dan Pusat Budaya Brambuk, di Halls Gap, pengunjung bisa bergabung dengan tur jalan kaki berpemandu di kebun dan lahan basah lokal untuk menemukan keragaman tanaman Gariwerd dan belajar penggunaan tradisional mereka.

Lebih jauh lagi ke selatan di Grampians, semua tamu di Hotel ‘Royal Mail’ ditawarkan pengalaman Kebun Dapur gratis dengan salah satu chef restoran. Tur ini menunjukkan praktik organik yang dilakukan oleh hotel dan bagaimana panen harian memengaruhi menu mereka.

Pengunjung yang tertarik kuliner bisa bergabung tur dengan ‘Little Green Corner’ yang menawarkan wisata kuliner bulanan di sekitar Surf Coast, The Bellarine dan Otways. Dalam tur ini, para peserta belajar bagaimana untuk menemukan bahan-bahan yang bisa dimakan seperti sayur laut, gulma, jamur dan masih banyak lagi.

Artikel ini diproduksi oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.