ABC

Resep Pekan Ini: Sup Seafood Asam Pedas Thailand

Makanan berkuah cocok dinikmati di musim hujan seperti sekarang ini. Salah satu makanan berkuah yang patut Anda coba cicipi akhir pekan ini adalah Sup Asam Pedas Thailand.
 

Sup yang satu ini sudah sangat terkenal, selain karena sensasi asam pedas ketika dimakan, campuran beragam rempah seperti lengkuas, jahe, sereh menghadirkan rasa dan aroma kuliner khas Negeri Gajah Putih yang unik.

Ditambah lagi campuran beragam makanan laut yang membuat sup ini tidak hanya kaya rasa tapi sekaligus juga kaya nutrisi dan mineral yang penting untuk kesehatan dan kecantikan. Adalah kandungan omega-3, vitamin A dan vitamin E di dalam seafood seperti ikan, kepiting, tiram, dan lain sebagainya itulah yang menjaga kecantikan dan kelembutan kulit.

Cara membuat Sup ini juga sangat mudah. Berikut resep Sup Seafood Asam Pedas Thailand dari Chef Australia David Taylor. Jangan lupa untuk menyantapnya selagi hangat!

Shipwreck Hotpot (Poh Teeak)

Bahan-bahan:

4 cangkir kaldu ikan
3 Sdm  lengkuas iris
250gr daging udang 
3 sdm  jahe
150gr  kerang
3 sdm air jeruk nipis
300gr cumi iris
4 sdm kecap ikan
500gr daging ikan segar
4 buah cabai - iris
2 lbr Daun jeruk - utuh
500gr Kerang hijau (dibersihkan)

Pelengkap :
Daun ketumbar segar, irisan jeruk purut, seafood lainnya dan irisan cabe iris untuk hiasan, garam, merica dan kecap ikan secukupnya.
 
Cara membuat :
Didihkan kaldu ikan, tambahkan lengkuas (kha), jahe, serai, daun jeruk utuh, air jeruk nipis, kecap ikan dan irisan cabai.
Bumbui dengan garam, merica dan kecap ikan. Didihkan.
Tambahkan semua makanan laut.
Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 15 menit.
Sajikan dan hiasi dengan daun ketumbar, irisan jeruk purut dan irisan cabai.
 
Selamat mencoba!