ABC

Resep Pekan Ini : Muhallabiya, Puding Khas Timur Tengah

Sebagai negara multikultur,  Australia memiliki kuliner yang beragam juga. Salah satu makanan yang juga banyak dijumpai diberbagai kota di Australia adalah makanan khas Timur Tengah. Resep Pekan Ini akan mengajak Anda mencoba makanan penutup klasik Timur Tengah, Muhallabiya.

Muhallabiya atau puding khas Timur Tengah biasa disajikan dalam keadaan dingin di musim panas.
Muhallabiya atau puding khas Timur Tengah biasa disajikan dalam keadaan dingin di musim panas.
 
Muhallabia merupakan makanan penutup (dessert) semacam pudding  yang umum dijumpai diberbagai restoran Timur Tengah didunia.  Panganan segar dan lembut ini dibuat dari susu dan tepung maizena yang diberi rasa vanilla, jeruk atau air mawar.
 
Penyajiannya juga sangat beragam, Anda bisa menambahkan kacang pistachio atau kacang walnut cincang, simple syrup, kurma  diatasnya atau topping lain kesukaan Anda.    
 
Makanan pencuci mulut ini juga dapat dibuat dengan banyak cara, dan sangat mudah untuk disiapkan. Biasanya disajikan dalam keadaan dingin sebagai pencuci mulut di musim panas.
 
Berikut resep Muhallabiya yang dikutip dari buku resep "Moroccan Soup Bar: Recipes of a Spoken Menu." Karangan chef nyentrik asal Maroko yang juga pemilik restoran vegetarian ternama di Melbourne The Moroccan Soup Bar dan Moroccan Deli-Cacy, Hana Assafiri,   
 
Bahan Puding :
 
2 cup susu
1 cup cream
1/4 cup maizena/cornflour
1/2 orange (zest/parutan kulit and juice)
1/2 lemon (zest/parutan kulit and juice)
Sejumput saffron
1/2 cup gula 
1/2 cup kacang pistachio dicincang kasar untuk topping
 
Bahan Sirup air mawar :

1 1/2 cup gula
3 sdm airmawar atau orange blossom water
1/2 jus jeruk
1/2 cup air 
Sedikit jus lemon
 
Cara membuat :
 
1. Tuang susu dan krim ke dalam panci bergagang dan panaskan kompor dengan suhu tinggi. Masukan tepung maizena, aduk perlahan masukan parutan kulit jeruk dan lemon serta jus.
 
2. Masukan saffron dan gula, aduk hingga mendidih. Ketika susu mulai mengental, kecilkan api dan biarkan tetap diatas tungki selama 10-15 menit hingga mengkilat/tampak licin sambil terus diaduk perlahan.
 
3. Untuk membuat sirup, masukan semua bahan sirup kedalam panci bergagang, aduk hingga larut seluruhnya. Didihkan. Kecilkan api dan biarkan masak hingga 10 menit. Sirup ini sangat panas jadi jangan coba-coba mencicipinya dengan mencelupkan jari Anda.
 
4. Tuang adonan kedalam mangkuk atau gelas pudding yang sudah disiapkan dan biarkan dingin sebelum dimasukan ke dalam freezer.
 
5. Cara menyajikan, tuang sirup air mawar diatas pudding muhallabiya dan taburi kacang pistachio cincang.
 
6. Puding muhallabiya siap dinikmati.
 
Tips dari Hana assafiri : 
 
1. Campur tepung maizena dengan sedikit air terlebih dahulu sebelum digunakan agar tidak bergumpal.

2. Matangkan terlebih dahulu tepung maizena yang sudah dicampur dengan air terlebih dahulu sebelum  dicampurkan dengan susu dan krim, jika tidak maka
     pudding akan berbau tepung. 
 
3. Aduk adonan secara perlahan dan konstan untuk memastikan tekstur pudding halus dan bebas gumpalan.