ABC

Resep Dumpling Udang Jahe

Dumpling selalu jadi andalan yang digemari orang dalam berbagai kesempatan. Jadi mengapa tak mencoba dumpling udang jahe yang resepnya dikirimkan chef Alice Zaslavsky berikut ini.

Bahan:

45 g jahe, cincang halus

20 g bawang putih, cincang halus

20 g daun ketumbar pilihan (pisahkan beberapa lembar untuk hiasan)

10 g cabai merah segar (pisahkan sedikit untuk hiasan)

10 g gula aren, parut

2 daun bawang iris tipis, untuk hiasan kecap secukupnya, juga untuk hidangan

2 tetes minyak wijen panggang

375 g daging udang mentah

Pembungkus pangsit, dilunakkan dan sebagian potong kecil menyerupai mie

500 ml atau lebih air

Metode:    

1. Tempatkan jahe, bawang putih, ketumbar, cabai, gula aren, daun bawang, kecap dan minyak wijen ke dalam food processor selama sekitar 10 detik sampai menyatu. Atau, gunakan pisau untuk memotong semuanya bersama-sama.    

2. Tambahkan daging udang dan blender selama beberapa detik hingga menyatu. Campuran harus masih dalam keadaan agak kasar.

3. Ambil satu sendok teh adonan dan gulung dengan tapak tangan menyerupai bola-bola kecil, lalu letakkan bola-bola itu ke pembungkus pangsit. Pembungkus pangsit harus menutupi adonan.

4. Masukkan ke kukusan bambu dan kukus selama 7 menit atau sampai kenyal.

5. Hiasi dengan daun segar ketumbar, irisan halus cabai, daun bawang dengan kecap ekstra untuk celupan.

Tips:    

Pilihlah udang liar dari penjual dan kupas sendiri - udang jenis ini biasanya kurang dengan bahan hormon dan pengawet. Anda dapat menggunakan kepala untuk membuat bisque, digoreng atau bahkan untuk membuat minyak udang sendiri.

Siapkan mangkok dengan air hangat. Jika tangan Anda lengket selama proses mengulung adonan, basahi dengan air di mangkok.

Jika memotong pembungkus pangsit terlalu rumit, langsung masukkan satu sendok adonan di tengah pembungkus pangsit bulat dan lipat dua menyerupai tas uang.