ABC

Rencana Markas Baru Google di Sydney Ditolak

Google masih mencari markas baru di Australia setelah Pemerintah New South Wales (NSW) menolak proposal yang terlihat akan menjadi jangkar pusat teknologi semacam Silicon Valley baru di Sydney.

Ini adalah kedua kalinya dalam setahun pencarian Google untuk markas baru di kota pelabuhan Sydney terhalang, dan sekarang ada kekhawatiran perusahaan itu akan terdorong ke negara bagian lain.

Akhir tahun lalu pengembang Mirvac mengajukan proposal yang tidak diminta kepada Pemerintah NSW untuk membangun pusat teknologi di sebelah Carriageworks di Eveleigh, dengan Google sebagai penyewa utama.

Perusahaan menggambarkan pengembangan multiguna yang akan menciptakan ribuan pekerjaan dan termasuk peningkatan stasiun Redfern dan jembatan baru yang menghubungkan Australian Technology Park ke Eveleigh.

Tetapi Pemerintah sekarang memutuskan untuk tidak melanjutkan proposal, lebih memilih proses tender yang kompetitif.

Google menolak berkomentar, tetapi Mirvac mengatakan "tetap berkomitmen kuat untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan visi".

Pengembang menyebut pusat bisnis itu "kelas dunia" dan "inovatif" dengan keragaman perumahan, ruang publik dan hasil yang berkelanjutan.

Google tolak lokasi pertama karena transportasi tak memadai

Keputusan itu datang setahun setelah Google menyampaikan penolakan besar terhadap rencana pemerintah NSW untuk mengubah Pembangkit Listrik White Bay yang lama menjadi pusat teknologi internasional.

Pemerintah berharap Google mungkin menjadi penyewa utama tetapi raksasa teknologi itu menolak situs itu sebagai markas potensial, dan mengatakan tidak memiliki cukup jaringan transportasi.

Pemimpin Oposisi NSW Lukas Foley mempertanyakan komitmen Pemerintah untuk mengamankan pekerjaan teknologi untuk NSW.

"Ketakutan saya adalah Victoria akan menyelinap masuk di bawah pengetahuan kita dan menarik pekerjaan ini," kata Foley.

"Ini adalah kesempatan yang terlewatkan bagi Sydney, kita harus menarik pekerjaan teknologi tinggi di masa depan tetapi pemerintah tampaknya tidak tertarik."

Rencana yang diajukan melalui proses proposal yang tidak diminta Pemerintah biasanya sulit untuk disetujui.

Pengajuan yang diberi lampu hijau dalam beberapa tahun terakhir termasuk proyek NorthConnex dan proposal James Packer yang tidak diminta untuk VIP Casino dan hotel mewah di Barangaroo.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini