ABC

Remaja Migran Belajar Bahasa Inggris Lewat Video Youtube

iguel Braga mengendarai sepeda BMX-nya menyusuri jalan di pinggiran kota yang kosong di Alice Springs, di Northern Teritory (NT) pada suatu sore yang panas.

"Saya baru saja mendapat pekerjaan paruh waktu," katanya.

Ini mungkin tampak seperti prestasi yang sepele, tapi kurang dari setahun yang lalu, anak berusia 16 tahun itu sedang berjuang untuk belajar bahasa Inggris.

Keluarga Braga pindah dari Portugal ke Alice Springs dengan visa migrasi terampil 457 sehingga anak mereka bisa memiliki kehidupan yang lebih baik.

"Kami datang ke sini agar bisa mengenyam pendidikan di universitas, dan melihat dia beradaptasi dengan kehidupan warga Australia dengan mudahnya itu membuat saya sangat bahagia," kata ayahnya Ricardo Braga.

Tapi adaptasi itu butuh waktu. 

Kebanyakan orang belajar bahasa dengan mengikuti kursus; Miguel belajar bahasa Inggris sendiri dengan menonton YouTube.

Dia sekarang berbicara bahasa Inggris dengan sedikit aksen Amerika.

Merasa frustrasi karena metode itu memakan waktu yang lama, ia lalu menyalakan fitur sub judul dan mulai belajar.

"Itu jelas merupakan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa," kata Miguel.

Miguel Braga dengan ayahnya Ricardo
Ricardo Braga (kiri) bermigrasi ke Australia sehingga anaknya Miguel bisa memiliki hidup yang lebih baik.

ABC News: Nick Hose

Kesulitan memahami Bahasa gaul Australia

Salah satu hal yang menjadi kendala yang ditemui remaja ini adalah dia sama sekali tidak mengerti Bahasa gaul Australia.

"Jika Anda mencari di internet Anda tidak akan pernah menemukan arti kata slang yang berasal dari daerah terpencil di tengah Australia."

Tapi sekarang dia sudah bisa memahami Bahasa gaul, dia saat ini fokus menjaga kawasan dimana dia membuat kehidupan baru.

"Saya suka pedalaman," kata Miguel.

"Saya ingin sekali menjadi penjaga taman, karena sejak kecil saya selalu suka berada di luar, dan sejak saya berada di sini saya sudah jatuh cinta dengan tempat ini.