ABC

Relawan Sukses Tingkatkan Prestasi Siswa Sekolah

Anak-anak di Sekolah Dasar Dinjerra di Braybrook, di barat Melbourne, adalah kelompok pembaca yang antusias.

Trinh Khahn Kim Cao yang berusia delapan tahun mengaku bahwa buku favoritnya bukan fiksi, dan dia tidak menyukai yang mudah.

"Saya suka membaca buku dengan banyak bab," katanya.

"Saya tidak suka membaca buku tipis karena sangat cepat (selesai), saya suka membaca buku yang sangat tebal."

Teman sekelasnya, Esthanth Bosala, sedang menekuni bukunya sendiri dengan sedikit bantuan.

"Tuan Michael membantu saya jika saya tersendat, dia membantu saya untuk membaca," katanya.

Siswa Dinjeraa memasuki ruangan kelas
Murid-murid sangat antusias dengan pelajaran mereka bersama para relawan seperti 'Mr Michael'.

ABC News: Stephanie Anderson

Relawan di kelas

Michael Pointer bukan seorang guru.

Dia adalah seorang pensiunan yang telah menjadi relawan di Sekolah Dinjerra selama tiga tahun terakhir, bekerja dengan beberapa anak ini sejak di tingkat Preschool.

"Kemampuan membaca mereka meningkat sepanjang tahun, saya bersedia meluangkan waktu di sini satu hari dalam seminggu, sungguh menakjubkan melihat perbedaannya dari satu minggu ke minggu yang lain, cara mereka berkembang dan kemampuan mereka untuk membaca dan pemahaman mereka juga berkembang," katanya.

relawan Ardoch
Michael Pointer telah menjadi relawan di Sekolah Dasar Dinjerra selama 3 tahun terakhir.

ABC News: Stephanie Anderson

Ini adalah bagian dari program yang dijalankan oleh Ardoch Youth Foundation untuk memperbaiki hasil belajar di sekolah-sekolah yang kurang beruntung.

Relawan menghabiskan waktu dua jam seminggu, setiap minggu, untuk memberi perhatian pada satu orang murid untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Di sekolah seperti Dinjerra, banyak siswa berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

CEO Ardoch, Kylee Bates mengatakan bahwa sukarelawan dapat menawarkan bantuan kepada siswa yang mungkin tidak akan mereka dapatkan di rumah.

"Seringkali anak-anak itu memerlukan dukungan tambahan ‘satu per satu’, yang karena satu dan lain hal mungkin tidak dapat diberikan di rumah keluarga, atau sampai di tingkat itu memang diperlukan," katanya.

relawan dari Yayasan ardoch
Erin Rees mengatakan bekerja sama dengan para relawan telah membantu anaknya, Connor, meningkat kemampuan membacanya.

ABC News: Stephanie Anderson

Membenarkan dukungan pemerintah

Sementara bukti anekdot tentang keberhasilan program ini amat telah positif, yayasan tersebut menugaskan sebuah penelitian untuk mengukur dampak dari program mereka.

Setelah enam bulan bekerja dengan sukarelawan dari Yayasan Pemuda Ardoch, guru melaporkan bahwa perilaku meningkat pada lebih dari separuh siswanya.

Mereka mengatakan 67 persen siswa yang bekerja dengan sukarelawan melebihi harapan akademis, sementara hampir 80 persen siswa menyatakan lebih percaya diri pada kemampuan mereka untuk belajar.

Bates mengatakan bahwa pihaknya mengirim sebuah pesan kepada pemerintah bahwa program tersebut berjalan baik.

Program ini berjalan di 40 sekolah yang kurang beruntung, namun yayasan tersebut berharap dapat menggunakan penelitian tersebut untuk melobi pendanaan dari pemerintah.

"Sementara sukarelawan menyumbangkan waktu mereka dengan bebas, mereka membutuhkan banyak uang dan sumber daya untuk menjalankan program dengan sukses seperti ini, untuk memastikan bahwa sukarelawan dilatih dengan baik dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk menjadi sukses," kata Bates.

"Tentu dukungan pemerintah benar-benar akan membantu kita meningkatkan dan mengembangkan program ini."

yayasan ardoch
The Ardoch Youth Foundation mengatakan program relawan mereka telah menghadirkan perbedaan yang signifikan bagi kinerja siswa.

ABC News: Stephanie Anderson

simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.