ABC

Rayakan Musim Gugur, Warga Adelaide Lakukan Yoga Massal di Taman Kota

Suatu pagi di musim gugur yang tenang di Taman ‘Park Lands’ Adelaide selatan, lebih dari 100 orang berbagi sesi latihan dan meditasi untuk menyambut Hari Yoga Internasional yang jatuh pada 21 Juni.

Di area berumput yang dikelilingi oleh pohon-pohon dan sungai, para peserta serempak melakukan gerakan yoga yang lambat dan terpadu di bawah pengawasan seorang instruktur.

"Sangat menakjubkan melihat begitu banyak orang datang untuk hal ini dan sungguh menakjubkan untuk mendengar pesan dari orang yang inspiratif, terutama penyintas serangan teror London -Gill Hicks -Saya pernah mendengar ia berbicara sebelumnya dan ia sungguh fantastis," ujar salah seorang peserta , Laura Price.

Peserta sesi yoga duduk di atas matras mereka di taman Adelaide.
Peserta sesi yoga duduk di atas matras mereka di taman Adelaide.

"Ini jelas merupakan suatu penghilang stres yang baik dan terutama melakukannya di luar seperti ini, benar-benar indah," imbuhnya.

Panitia menyalakan obor yang dibawa ke Adelaide sebagai simbol perdamaian, persatuan, kebebasan dan perayaan.

Seorang pendatang baru di yoga, Ron Tremaine, mengatakan, ia ambil bagian dalam peringatan hari ini untuk mendukung inisiatif Semangat Perdamaian Dunia atau World Peace Flame.

"Bagi saya itu bukan tentang yoga dan lebih tentang makna apa yang diusung hari ini sebagai bagian dari gerakan yang sangat penting dalam menyebarkan pesan perdamaian," sebutnya.

Ia menuturkan, "Saya punya tiga anak dan saya ingin memastikan bahwa mereka punya dunia yang memungkinkan mereka tumbuh dan hidup bahagia serta harmonis.”

"Ada banyak konflik di dunia dan saya pikir jika kita dapat membuat perbedaan sebagai individu, maka itu adalah hal yang baik," sambungnya.

Direktur Dru Yoga Australia, Patricia Brown, memimpin kelompok ini menjalani sesi yoga mereka.

"Ini indah dan mereka begitu responsive. Acara ini membawa kesadaran akan perdamaian dan harmoni di dunia, terinspirasi dari hari yang dicanangkan PBB,” ungkapnya.

Ia berujar, "Masyarakat benar-benar ingin melihat perdamaian di dunia, tetapi Anda benar-benar bisa menikmati perdamaian ketika seseorang menemukan itu dalam hatinya sendiri.”

"Dengan percaya dan yakin bahwa mereka memiliki kekuatan untuk melakukan itu, segala sesuatu mulai berubah - pertama di rumah, maka di tempat kerja dan itu bersambut, sungguh hal yang menakjubkan," tambahnya.

Adelaide merayakan Hari Yoga Internasional sebelum kota-kota lainnya di Australia semata-mata karena penyelenggara mengatakan, cuaca di musim gugur begitu ideal untuk kesempatan ini.