ABC

Ratusan Ribu Warga Australia Tidak Tahu Mereka Mengidap Diabetes Tipe 2

Lebih dari 500.000 orang di Australia kemungkinan tidak mengetahui kalau mereka menderita penyakit Diabetes tipe 2. Kondisi ini membuat mereka beresiko mengalami konsekwensi kesehatan yang sangat buruk. Demikian peringatan terbaru dari sejumlah pakar kesehatan.

Dikarenakan rendahnya tingkat deteksi dini di seluruh Australia, satu dari tiga orang tidak sadar bahwa mereka menderita diabetes tipe dua dan rentan terhadap masalah kesehatan yang serius.
Diabetes tipe 2 adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah, amputasi anggota badan dan penyakit ginjal stadium akhir di Australia.
CEO organisasi Diabetes Australia, Greg Johnson mengatakan bahwa hanya lima persen orang Australia yang berusia di atas 40 tahun memeriksakan dirinya untuk mengetahui apakah mereka menderita diabetes tipe 2 dalam dua tahun terakhir.
"Angka yang tinggi ini benar-benar mengejutkan dan mengkhawatirkan," katanya.

"Jika kita mendeteksinya lebih awal dan jika kita mengobatinya, kita sebenarnya bisa mencegah sebagian besar atau semua komplikasi."
Johnson mengatakan orang sering bertanya gejala apa yang harus diwaspadai tapi dia menekankan seseorang tidak mesti menunggu untuk mengalami gejala-gejala suatu penyakit.
"Sering kali penyakit ini tidak diketahui tapi ia merusak semua organ dalam tubuh sehingga orang perlu melakukan pemeriksaan rutin.
Kepala Eksekutif Diabetes untuk negara bagian NSW dan ACT, Sturt Eastwood mengatakan satu dari tiga orang penderita diabetes tipe 2 belum didiagnosis meskipun cara melakukan diagnosis penyakit ini sangat sederhana.

"Dan jika Anda berusia lebih dari 50 tahun atau Anda memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes, saya menyarankan sebaiknya Anda memulai proses diagnosis itu sekarang juga."

Amat menakutkan

Belinda Nakota didiagnosis menderita diabetes 15 tahun lalu ketika keluhan infeksi saluran kemih yang dideritanya mengungkap adanya masalah kesehatan yang lebih serius ditubuhnya.

Belinda Nakota
Belinda Nakota mendapati dirinya mengidap diabetes ketika dia berobat ke dokter karena keluhan infeksi saluran kemih.

ABC News


"Perasaan saya campur aduk ketika itu.
"Jika saya tidak menderita infeksi saluran kencing, saya tidak tahu kalau saya menderita diabetes."
Belinda Nakota mengatakan bahwa para dokter tidak dapat mengatakan kepadanya berapa lama dia sudah menderita diabetes yang menurutnya sangat mengerikan.

Dia juga berusaha mengendalikan kondisi yang menyebabkan kakinya diamputasi.
"Itu adalah hal paling menakutkan yang pernah ada ... untuk memiliki sepotong ... untuk memiliki anggota tubuh kita diamputasi."
"Anda benar-benar perlu diperiksa, itu sangat penting."

Diterjemahkan pada 10/7/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.