ABC

Ratusan Kawasan Terbakar, Kabut Asap Capai Kota Brisbane

Penduduk di daerah-daerah yang terkena kebakaran di Queensland diingatkan untuk tetap waspada, mengingat suhu di beberapa wilayah di negara bagian itu akan mengalami kenaikan hingga berkisar 40-an derajat Celsius pada hari (2/12/2012) ini dan asap dari kebakaran lahan telah mencapai kota Brisbane.

Peringatan pengawasan dan tindakan telah dikeluarkan untuk wilayah Karara, selatan Leyburn di Southern Downs, sementara kebakaran lahan terus bergerak menuju sekitar Jalan Raya Cunningham dan Toowoomba Karara Road.

Seiring lebih dari 100 kebakaran terus berlangsung di seluruh negara bagian, Biro Meteorologi Australia (BOM) memperingatkan bahwa mungkin bantuan baru akan datang tiga atau empat hari lagi, dan diperkirakan curah hujan yang berarti belum akan terjadi di cakrawala Queensland tengah.

Komisioner wakil Dinas Kebakaran dan Darurat Queensland Mike Wassing mengatakan, para awak dipersiapkan untuk menghadapi kebakaran yang terus 'mengamuk' hari ini.

"Dengan suhu tinggi, sore hari diperkirakan suhu akan kering lagi atau berangin pada siang dan malam hari," katanya.

"Dalam 24 hingga 48 jam berikutnya akan sangat sulit bagi komunitas kami dan petugas pemadam kebakaran kami."

Kondisi yang lebih bersahabat sepanjang malam memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk mengkonsolidasikan upaya pencegahan dalam persiapan untuk hari ini, katanya.

"Kebakaran yang mengkhawatirkan masih akan terjadi di Queensland tengah, bebarapa juga terdapat di barat daya, selatan-timur - utara Stradbroke Island akan sangat terlihat bagi siapa pun di pantai di Gold Coast atau tenggara," katanya. .

"Angin sangat terbuka, dan itu pasti akan memicu kebakaran pada sore hari ini dan besok."

Sebuah matahari terbit di atas Brisbane setelah seminggu kebakaran hutan di Queensland, 2 Desember 2018.
Suhu tinggi diperkirakan masih akan berlangsung pada Minggu, 2 Desember 2018.

ABC News: Shelley Lloyd

QFES mengeluarkan peringatan kebakaran hanya beberapa saat di siang hari terjadi kebakaran lahan di utara Pulau Stradbroke, dan pertemuan masyarakat akan diadakan pada sore hari.

Sejumlah peralatan tambahan juga sedang dalam perjalanan ke daerah Deepwater dan Baffle Creek untuk mulai membersihkan jaringan jalan.

Wali kota Gladstone, Matt Burnett mengatakan menurut rencana warga baru akan dibolehkan kembali pulang ke rumah mereka besok pagi.

Mike Wassing area tanah yang terbakar sejak awal musim kebakaran setara dengan luas Belgia atau Belanda, dengan 527.000 hektar hancur dalam minggu terakhir saja.

"Sekarang ini adalah hari kedelapan dari peristiwa kebakaran ini tetapi banyak dari orang-orang kami telah berada di sini dari pemantauan pemadam kebakaran sejak 1 Agustus, yang cukup banyak ketika musim kebakaran kami yang signifikan dimulai di Queensland," katanya.

"Faktanya area yang terbakar sejak musim kebakaran dimulai lebih dari tiga juta hektar dan itu adalah ukuran beberapa negara kecil Eropa."

Sementara itu, BOM sedang memantau sistem tekanan rendah di Laut Koral, yang dapat membentuk angin topan malam ini atau besok pagi.

Gambar udara dari kebakaran lahan di Deepwater.
Video yang direkam dari helikopter menunjukan kobaran api yang terus menyala di daerah Deepwater.

Disediakan: QFES

Peramal cuaca Sam Campbell mengatakan suhu rendah saat ini sekitar 1.000 kilometer dari Cairns, dan diperkirakan akan tetap "baik di lepas pantai" dan melemah sebelum mencapai pantai.

Mike Wassing mengatakan semangat masih sangat kuat di antara awak api, meskipun "pengujian" kondisi.

Kontingen baru dari 75 petugas pemadam kebakaran Victoria sedang dikirim ke Queensland untuk membantu pemerintah setempat hari ini.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.