ABC

Queensland Sukses Luncurkan Roket Bermuatan Komersil Pertama

Negara bagian Queensland, Australia berhasil membuat lompatan besar dengan sukses meluncurkan roket buatan Australia pertama yang membawa muatan komersial dari wilayah pedalaman di selatan Queensland.

Roket setinggi lima meter, yang dikembangkan oleh BlackSky Aerospace yang berbasis di Queensland itu berhasil diluncurkan ke angkasa dari sebuah peternakan di kota Tarawara, sebelah barat Goondiwindi, di daerah perbatasan pedalaman negara bagian Queensland.

Roket itu merupakan roket pertama buatan Australia yang melakukan perjalanan ke angkasa sambil membawa sejumlah produk komersial, termasuk sensor, untuk diuji di bawah tekanan.

Menteri Manufaktur Queensland Cameron Dick yang menekan tombol peluncuran satelit itu mengatakan peluncuran ini menunjukkan besarnya potensi untuk mengembangkan industri luar angkasa di Queensland.

"Roket penelitian Sighter190 ini adalah yang pertama di Australia yang meluncurkan muatan komersial ke ketinggian yang sama dengan Gunung Everest, dan itu terjadi di sini di halaman belakang kami sendiri di Queensland," katanya.

"Kami ingin mempromosikan kemampuan Queensland sebagai pasar industri luar angkasa nasional dan internasional dan uji coba hari ini di tempat satu-satunya yang merupakan situs peluncuran sub-orbital komersial Australia merupakan langkah penting ke depan dalam mencapai tujuan itu."

Roket itu mengangkasa lebih dari 5.100 meter ke udara sebelum akhirnya mendarat kembali sekitar dua kilometer jauhnya dari lokasi peluncuran.

CEO BlackSky's Blake Nikolic mengatakan peluncuran yang sukses itu membuka peluang untuk pengembangan ruang angkasa di masa depan.

"Dengan pasar global industri luar angkasa senilai $ AS360 miliar dengan pertumbuhan yang terus meluas, Australia secara alami akan mendapat manfaat," katanya.

Awal tahun ini, Pemerintah Queensland meluncurkan penyelidikan bagaimana negara bagian itu dapat menjadi rumah penelitian, desain dan manufaktur bagi kebutuhan ruang angkasa masa depan Australia.

Pemerintah negara bagian Queensland juga telah bertemu dengan para pemimpin dari Australian Space Agency yang baru dibentuk mengembangkan potensi negara bagian Queensland sebagai rumah bagi lembaga riset antariksa Australia tersebut di masa depan.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.