ABC

Queensland Akan Buka Penjara Pelatihan Pertama Untuk Atasi Kesesakan

Pemerintah Queensland, Australia, mengumumkan akan membuka penjara yang berfungsi sekaligus sebagai tempat pelatihan untuk mengatasi kesesakan dalam penjara di negara bagian tersebut.

Rencana proyek bernilai $ 145 juta dola tersebut akan menjadikan Borallon Correctional Centre difungsikan kembali dan dijadikan fasilitas "belajar sambil berpenghasilan" yang akan diperuntukkan bagi narapidana berusia antara 18-30 tahun.

Statistik terbaru menunjukkan adanya peningkatan 30 persen jumlah narapidana sejak tahun 2012 dan seluruh penjara bagi napi pria di negara bagian tersebut penuh sesak.

Menteri Urusan Narapidana Queensland Jo-Ann Miller mengatakan penjara Borallon ini diperlukan dan akan bisa memuat 500 narapidana.

Penjara di Queensland sudah penuh sesak, sehingga satu ruang napi harus diisi oleh beberapa orang. (ABC News: Elise Worthington)
Penjara di Queensland sudah penuh sesak, sehingga satu ruang napi harus diisi oleh beberapa orang. (ABC News: Elise Worthington)

 

"Penjara di Queensland sekarang sudah terisi 112 persen, dan dengan pembukaan Borrallon, kapasitasnya akan turun menjadi 98 persen." kata Miller.

"Kami menginginkan para napi menggunakan waktu mereka secara produktid sehingga mereka bisa belajar dan menyelesaikan pendidikan kelas 12, atau mendapat sertifikat dan diploma, sehingga ketika keluar dari penjara, mereka siap bekerja."

"Kami juga akan bekerjasama dengan sekolah lokal, khususnya sekolah kejuruan TAFE, dan lembaga pendidikan lain termasuk universitas." tambah Miller.

Ide pembuatan penjara pelatihan ini disambut baik oleh mereka yang biasa menangani pembinaan narapidana, namun mengatakan lebih banyak hal mesti dilakukan untuk mengatasi masalah mengapa banyak anak muda di Australia harus masuk penjara.

Koordinator Masalah Napi dari Yayasan Katolik Queensland Dave Martin mengatakan memasukkan para napi muda ke dalam satu tempat adalah ide yang baik.

"Dengan itu, bagi anak-anak muda yang belum pernah dipenjara sebelumnya, ini akan membuat trauma mereka berkurang, namun secara keseluruhan, saya tidak yakin ini adalah model yang bagus." kata Martin.

Saat ini di Queensland saja ada sekitar 1400 napi yang harus berbagi ruangan.

Menteri Urusan Napi Queensland Jo-Ann Miller mengatakan dia tidak ingin melihat napi hanya 'duduk seharian bermain kartu' selama di penjara. (ABC News: Brent Davidson)
Menteri Urusan Napi Queensland Jo-Ann Miller mengatakan dia tidak ingin melihat napi hanya 'duduk seharian bermain kartu' selama di penjara. (ABC News: Brent Davidson)

Martin mengatakan dia secara teratur berkunjung ke berbagai penjara, dan melihat napi yang harus tinggal bersama yang lain, menciptakan resiko lebih besar.

"Dampak psikologis dari kesesakan ini tidak banyak dibicarakan. Seorang napi muda di sebuah penjara sudah tinggal bersama selama 12 bulan dengan napi lain, dan  dilaporkan dia dianiaya secara seksual setiap malam selama 12 bulan tersebut." kata Martin.

"Jawabannya adalah bukan membangun penjara baru lagi, karena penjara itu pasti juga akan penuh. Yang harus dilihat adalah mengapa terjadi peningkatan."

Miller mengatakan pemerintah Queensland berharap penjara ini akan memberikan kesempatan kepada para napi muda untuk memperbaiki kehidupan mereka.

"BIla hakim menjatuhkan hukuman penjara, maka mereka harus menjalani hukuman, namun saya tidak ingin mereka hanya duduk seharian bermain kartu."

"Ketika mereka masuk, mereka akan diberi kesempatan bekerja atau belajar, dan ketika keluar nanti, menjadi orang yang lebih baik."

Penjara Borallon ini sedianya akan dibuka di pertengahan tahun 2016.