ABC

Puan, Orangutan Tertua di Dunia Ada di Perth

Seekor orangutan bernama Puan yang berusia 60 tahun dan sekarang berada di Kebun Binatang Perth (Australia) merupakan orangutan asal Sumatera tertua di dunia saat ini.

Namun sesuai dengan usianya Puan tidak lagi bergerak aktif seperti yang muda.

Staf di Kebun Binatang Perth mengatakan Puan masih dalam kondisi kesehatan yang baik, namun seiring dengan perkembangan usia, Puan sering 'marah-marah'.

"Puan adalah orangutan yang sulit didekati." kata Martina Hart, salah seorang staf di sana.

"Dia tidak sabaran, dia akan menghentak-hentakkan kakinya bila dia ingin sesuatu dengan cepat."

"Dia sepertinya ingin dihormati. Dan dia memang patut dihormati. Dia jarang menunjukkan dengan terbuka bahwa dia tertarik berinteraksi dengan kita."

Diperlukan waktu beberapa tahun bagi staf di Kebun Binatang Perth untuk melakukan pelacakan untuk mengetahui berapa persisnya usia Puan.

Diperkirakan bahwa Puan lahir di alam liar di tahun 1956, dan karenanya sekarang masuk catatan Guiness World Record sebagai orangutan tertua.

Puan Dihadiahkan ke Kebun Binatang Perth

Dia dihadiahkan ke Kebun Binatang Perth di tahun 1969 oleh Sultan Johor di Malaysia, sebagai pertukaran dengan beberapa binatang asli Australia.

Puan kemudian melahirkan 11 anak dan sudah menjadi nenek dan buyut bagi orangutan lain di sana.

Pencapaian usia 60 tahun ini merupakan hal yang luar biasa, karena rata-rata orangutan hidup sampai usia 50 tahun.

"Dia mendapat obat arthritis setiap malma, dan di pagi yang dingin, kami memberinya teh herbal untuk membangunkannya. Namun selain itu, dia sehat." kata Hart.

"Dia mulai melambat dalam urusan panjat memanjat. Jadi dia lebih banyak menghabiskan waktu di tanah."

Kebun Binatang Perth akan memberikan menu makan pagi khusus bagi Puan hari Kamis (27/10/2016) untuk merayakan ulang tahunnya, dan mengundang media untuk mengabadikan kejadian ini.

Diterjemahkan pukul 10:45 AEST 27/10/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.