ABC

Protes Tidak Berhasil Cegah Pemindahan Pencari Suaka

Para pengunjuk rasa yang berkumpul di Bandara Melbourne gagal mencegah seorang pencari sukaa dipindahkan kembali ke Manus Island hari Selasa (26/7/2016) pagi.

Kelompok pegiat bernama GetUp mengatakan seorang pria asal Sudan sebelumnya dibawa ke Australia untuk menjalani perawatan medis.

Belasan pegiat kelompok tersebut mencoba menghalangi sebuah mobil van yang diperkirakan membawa pengungsi tersebut, untuk masuk ke dalam bandara.

Para pegiat mengatakan bahwa pencari suaka tersebut dibawa masuk ke dalam bandara, setelah polisi menghalangi usaha para pegiat tersebut.

Salah seorang diantaranya Sally Hunter mengatakan dia sebenarnya siap untuk ditahan karena aksi mereka.

"Polisi hanya memberikan kami peringatan." katanya.

"Kami sudah melakukan banyak hal selama beberapa waktu terakhir, dan merasa bahwa kami tidak memiliki opsi lain kecuali melakukan 'ketidakpatuhan sipil' seperti ini."

Seorang juru bicara Polisi Federal Australia mengatakann tidak ada tuduhan apapun yang dikenakan terhadap para pegiat.

Seorang juru bicara GetUp mengatakan dia memperkirakan pria tersebut akan dikirim ke Manus Island lewat Christmas Island.

Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan mengatakan para tahanan secara rutin dipindahkan ke berbagai pusat tahanan 'dengan berbagai alasan'.

"Laporan bahwa pencari suaka telah dikembalikan ke Manus Island pagi ini ,setelah mendapatkan perawatan medis di Australia adalah tidak benar." kata seorang juru bicara.

"Departemen tidak memberikan komentar mengenai masalah operasi di jaringan penahanan."

Diterjemahkan pukul 13:15 AEST 26/7/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini