ABC

Profesi Apa Saja Yang Tetap Bekerja di Saat Natal?

Sementara banyak dari kita tenggelam dalam suasana perayaan kemudian diselingi dengan agenda menonton film Natal secara maraton, ada sejumlah pekerja yang pada tanggal 25 Desember benar-benar bertugas seperti biasanya.

Dari pekerja amal hingga sopir taksi, berikut ini adalah pria dan perempuan -serta pesawat kecil pekerja keras -di Australia yang akan membuat negara ini terus berjalan di musim Natal.

Petugas pantai

Gabungkan menu udang, puding, beberapa minuman anggur lalu pergilah ke pantai dan Anda mungkin akan segera membutuhkan layanan Doron Milner.

Petugas penyelamat di Pantai Bondi ini telah melakukan patroli Hari Natal selama beberapa tahun terakhir dan mengatakan bahwa periode ini selalu merupakan saat yang sibuk.

Tahun lalu, ia memperkirakan, pihak penjaga pantai berhasil menyelamatkan sekitar 20 orang pada hari Natal.

Tapi ini semua bukan hanya tentang tanda dan peluit peringatan.

Setiap tahun, mereka memasang sebatang pohon di pasir, dan tahun ini, Santa akan berkeliling pantai untuk berfoto bersama turis dan menikmati semangat perayaan yang meriah.

Keluarga Milner bahkan telah membuat tradisi untuk bergabung dengannya pada hari Natal.

"Mereka memasang payung, mereka senang berada di pantai," ujarnya.

"Ini semacam tradisi Yahudi bagi kami untuk menghabiskan Natal di pantai dengan saya berpatroli. Ini adalah saat yang menyenangkan untuk semua orang."

Doron Milner adalah relawan Hari Natal rutin di Pantai Bondi.
Doron Milner adalah relawan Hari Natal rutin di Pantai Bondi.

ABC News

Pekerja amal

Jauh dari kata melambat, Matthew Talbot Hostel di Sydney menjadi pusat aktivitas di musim liburan karena mereka menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi tunawisma di kota itu.

Roger Williams telah menawarkan bantuan selama lebih dari 10 tahun dan mengetahui tekanan yang menyertainya sepanjang tahun ini.

"Ini bisa membuat panik. Ini juga masanya menikmati masakan kelezat dan masa sulit bagi beberapa orang," sebutnya.

Williams mengatakan bahwa penampungan tempatnya bekerja kedatangan sekelompok orang yang ingin menikmati makan siang Natal, dan bukan hanya berasal dari kalangan yang membutuhkan.

"Kami selalu memiliki pembantu dalam jumlah besar yang bersama dengan kami pada Hari Natal dan saat makan siang pada khususnya," ujar Williams.

"Siapapun yang ingin membantu pasti dipersilahkan untuk datang ke sini dan bekerja bersama dengan kami ... tapi ini terus berlanjut sepanjang tahun dan benar-benar sepanjang tahun-lah kami memerlukan bantuan."

Roger Williams mengatakan, Natal bisa jadi waktu yang sulit bagi mereka yang membutuhkan.
Roger Williams mengatakan, Natal bisa jadi waktu yang sulit bagi mereka yang membutuhkan.

ABC News

Dokter terbang

Santa mungkin memiliki banyak tempat untuk didatangi pada malam Natal, tapi Royal Flying Doctor Service (RFDS) atau layanan dokter terbang akan selalu sedia membantu misinya.

Natal ini, pilot Scott Taubman akan siaga untuk panggilan kerja di wilayah Alice Springs, di sebuah pangkalan yang mencakup 1.25 juta kilometer persegi pedalaman Australia.

"Kami tak berhenti, kami beroperasi 24/7 dan orang tidak berhenti sakit karena liburan atau Natal," katanya.

RFDS memiliki 24 basis di seluruh Australia dan melakukan lebih dari 100 misi setiap hari.

Dan meski Taubman mungkin berada bermil-mil jauhnya dari keluarganya yang tinggal di wilayah Young, negara bagian New South Wales (NSW), ia tidak terlalu khawatir melewatkan pesta tersebut.

"Saya akan berada di sini sendirian di Alice, yang akan sedikit mengejutkan bagi sistem ini, tapi tidak akan terlalu buruk," katanya.

"Keluarga hanya berjarak panggilan telepon dan saya dikelilingi oleh orang-orang baik di tempat kerja, dan itu membuat perbedaan besar.”

"Dan ketika kita membuka pintu, orang-orang senang melihat kita dan bersyukur, dan itu adalah perasaan yang cukup baik saat Anda melihatnya."

Scott Taubman mengatakan, ia tak bisa marah saat kerja ketika ia harus menolong orang.
Scott Taubman mengatakan, ia tak bisa marah saat kerja ketika ia harus menolong orang.

ABC News

Sopir taksi

Jika Anda takut untuk mengemudi ke berbagai acara Natal keluarga, coba pikirkan Geoff Williamson.

Sopir taksi di Sydney ini menghabiskan 52 minggu setahun di jalan, namun mengatakan bahwa bisnis ini benar-benar meningkat pada musim yang konyol.

"Ini bisa sedikit kacau dengan volume lalu lintas yang meningkat selama periode Natal," sebutnya.

"Tapi ini menyenangkan karena memiliki manfaat lain, dan itu adalah kami mendapatkan pekerjaan tambahan."

Ketika pesta kantor bertebarab, hal itu bisa menimbulkan berbagai perilaku - dan emosi - dan Williamson mengatakan bahwa ia sering mendapati dirinya berperan sebagai konselor.

"Mereka mungkin sedikit gaduh dan sejenisnya, tapi secara umum Anda berpikir untuk diri Anda sendiri, 'Mungkin mereka akan masuk dan keluar dari mobil dalam waktu sekitar setengah jam dan mereka akan baik-baik saja'," tuturnya.

Dan setidaknya, berbagai macam pelanggan selama periode Natal ini membuatnya merasa ada teman.

"Sulit, karena menghabiskan hari-hari di rumah bersama keluarga begitu menyenangkan," sebutnya.

"Untungnya saya memiliki istri yang sangat pengertian dan ia tahu betapa saya menikmati pekerjaan ini."

Geoff Williamson mengatakan, ia beruntung memiliki istri pengertian, mengingat ia akan bertugas selama Natal.
Geoff Williamson mengatakan, ia beruntung memiliki istri pengertian, mengingat ia akan bertugas selama Natal.

ABC News

Pekerja tempat perlindungan hewan

Menyingkirlah Santa, ada pemberi hadiah baru yang tiba.

Ketika Sarah Scott masuk ke tempat penampungan RSPCA (lembaga penampungan dan penyelamatan hewan Australia) di Canberra pada Hari Natal ini, ia akan dipenuhi dengan segala jenis mainan kunyah dan makanan untuk hewan yang menyebut tempatnya bekerja sebagai rumah.

"Kami punya boneka lempar dan hal-hal seperti itu, jadi hari ini sangat menyenangkan dan kami bisa memberikan hadiah untuk semua hewan," kata Scott.

Tempat penampungan itu menampung segala jenis makhluk, mulai dari anjing dan kucing hingga ayam jantan, dan Scott mengatakan bahwa tahun ini merupakan salah satu yang paling sibuk.

Dan sementara banyak hewan mendapat mukjizat Natal dan keluarga baru, Scott mengatakan bahwa tempatnya bekerja mencoba menyesuaikan para hewan dengan rumah yang akan mereka tinggali seumur hidup, bukan hanya hari ini.

"Kami mencoba untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang orang-orang ini sesuai keinginan kami sehingga kami bisa memasangkan mereka dengan keluarga sempurna sehingga mereka bisa tinggal di rumah baru mereka selamanya," tutur Scott.

Sarah Scott mengatakan, hewan-hewan ini adalah teman yang baik di musim perayaan.
Sarah Scott mengatakan, hewan-hewan ini adalah teman yang baik di musim perayaan.

ABC News

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.