ABC

Produksi Holden Mungkin Dipindah ke Korea Selatan

Perusahaan General Motors mengungkapkan adanya kemungkinan Korea Selatan menjadi tempat produksi mobil untuk pasar Australia saat Holden, anak perusahaannya, berhenti berproduksi di Australia.

Bulan Desember 2013 lalu, General Motors Holden mengumumkan bahwa mereka akan menyetop pembuatan mobil di Australia mulai tahun 2017.

Direktur Operasi Internasional General Motors yang baru, Stefan Jacoby, telah menyatakan pada media bahwa ada "kemungkinan besar" Korea Selatan akan mengirimkan lebih banyak mobil ke Australia.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan ini adalah persetujuan perdagangan bebas antara Australia - Korea di masa depan, karena persetujuan tersebut akan memotong tarif pengiriman mobil.

"Korea saat ini sudah memproduksi mobil berkualitas tinggi. Ini akan memilki peran besar dalam susunan manufaktur kami di kawasan, dan akan ada persetujuan perdagangan bebas antara Australia dan Korea," jelas Jacoby.

Dalam sebuah pernyataan, Holden mengungkapkan bahwa tak ada faktor tunggal yang memicu penghentian produksi di Australia.

"Sejumlah faktor pendorong ekonomi menghalangi mempertahankan manufaktur di Australia: Kekuatan dollar Australia yang bertahan, pasar mobil domestik yang kecil dan sangat terfragmentasi, dan biaya manufaktur di Australia yang amat tinggi," jelas perusahaan teresebut.

ABC/wires