ABC

Produk Tabir Surya Dilaporkan Bermasalah

Sebuah firma hukum di Australia berencana mengajukan gugatan terhadap produk tabir surya merek Banana Boat setelah serangkaian konsumen marah dan mengklaim kulit mereka terbakar saat menggunakan produk aerosol Banana Boat.

Firma hukum ‘Bannister Law’ telah didatangi oleh seorang wanita yang mengaku dia dan kelima anak-anaknya menderita kulit terbakar akibat sengatan matahari tidak lama setelah menggunakan produk tabir surya Ultra Clear Sunscreen Spray SPF 50+ dan Kids Clear Sunscreen Spray 50 + bermerek Banana Boat.
Firma hukum tersebut telah meminta perusahaan penguji produk perawatan kulit yang berbasis di Sydney, Eurofins Dermatest, untuk melakukan tes independen pada ketujuh produk tabir surya Aerosol dari merek Banana Boat.
Kepala firma hukum ‘Bannister Law’, Charles Bannister, mengatakan ketujuh produk tabir surya itu dipasarkan sebagai produk tabir surya dengan kandungan SPF 50+.

"Tes tersebut mengungkapkan interval [kandungan] SPF 11 dan SPF 18 untuk produk-produk tabir surya aerosol yang diiklankan sebagai produk ber-SPF 50+," katanya.

Firma hukum ‘Bannister Law’ mengatakan masyarakat Australia yang membeli tabir surya aerosol Banana Boat dapat mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan tersebut.

"Kami ingin pengembalian dana penuh untuk semua konsumen yang telah membeli dan disesatkan oleh kemasannya," kata firma hukum tersebut.

Seorang juru bicara dari Edgewell Personal Care Australia, yang memiliki Banana Boat, memperkarakan temuan tes tersebut.

"Hasil ini sepenuhnya tidak konsisten dengan pengujian yang telah kami lakukan di laboratorium terkemuka Edgewell yang sesuai dengan standar wajib Australia sebagaimana diatur oleh badan otoritas obat-obatan Australia [Therapeutic Goods Administration -TGA]," kata mereka.

“Semua produk Banana Boat memenuhi klaim SPF sebagaimana yang dicantumkan pada label kemasannya."

Marak keluhan di media sosial

Pada bulan Januari, puluhan orang membanjiri halaman Facebook Banana Boat dengan keluhan bahwa mereka pernah mengalami sengatan matahari meski menggunakan produk Banana Boat.
Salah seorang wanita asal Melbourne mengatakan kepada ABC, dia harus mengkonsumsi obat nyeri setelah mengalami luka bakar akibat sengatan matahari yang parah di bagian belakang kakinya saat memakai Banana Boat spray-on SPF 50.

Luka sengatan matahari di bagian kaki
Briar Houston mengatakan kepada ABC pada bulan januari lalu dia perlu pengobatan untuk nyeri karena luka bakar akibat tersengat matahari yang para usai menggunakan produk tabir surya merek Banana Boat.

Supplied

Sejumlah warga juga dilaporkan mengalami masalah serupa dengan produk-produk tersebut kepada Dewan Kanker.
Banana Boat bersikeras bahwa produknya aman dan mengatakan konsumen tidak menerapkan tabir surya dalam jumlah yang memadai untuk melindungi diri dari sinar matahari.
Firma hukum ini mengatakan bahwa pihaknya yakin hasil tesnya menunjukkan konsumen tidak bersalah.

"Tes yang dilakukan oleh Eurofins Dermatest menunjukkan adanya masalah-masalah besar dengan rangkaian produk tabir surya aerosol Banana Boat, dan bukan karena pemakaian yang tidak memadai oleh konsumen," kata firma hukum itu.

Tabir surya semprot Aerosol menjadi populer penggunaannya dalam beberapa tahun terakhir karena produk ini terasa lebih ringan [di kulit] dibandingkan tabir surya bentuk krim dan mudah diterapkan pada anak yang tidak bisa diam.

Tetapi beberapa ahli dermatologi mengatakan sulit mendapatkan perlindungan yang cukup dari tabir surya berbentuk aerosol, dan produk tersebut seringkali dapat meledak jika dibawa ke luar rumah.
Otoritas Obat-obatan Australia (TGA) sedang meninjau pembuatan, pelabelan dan keamanan tabir surya ini dengan sebuah laporan yang diperkirakan akan selesai pada akhir tahun ini.
Konsumen yang tertarik untuk bergabung dengan gugatan potensial ini bisa mendaftarkan diri mereka secara daring.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.