ABC

Pria Ini Ditahan Atas 16 Panggilan Palsu Ke Petugas Bandara

Polisi Federal Australia (AFP menahan seorang pemuda karena telah melakukan panggilan telepon palsu kepada sejumlah pilot dan petugas pemandu lalu lintas udara di Bandara Melbourne.

Paul Sant, 19 tahun, ditangkap menyusul adanya penyelidikan 16 kasus transmisi radio ilegal selama bulan September dan November.

Dalam salah satu dugaan insiden, pesawat berpenumpang terpaksa membatalkan pendaratannya saat sudah mendekati Bandara Melbourne.

Insiden itu terjadi tak lama setelah pukul 17:00 waktu setempat pada tanggal 27 Oktober, ketika pesawat Virgin Australia dengan nomor penerbangan 740, dengan rute Gold Coast-Melbourne, mengubah ketinggiannya dan diduga melakukannya karena instruksi dari petugas yang tidak berwenang.

Pada malam (27/10) setelah kejadian itu, penelepon palsu itu diduga menyamar sebagai pilot pesawat kecil dan mengeluarkan panggilan ‘mayday’ (darurat) lalu berpura-pura mengalami masalah mesin.

Pemuda asal Rockbank itu kemudian dituntut dengan empat tuduhan terkait upaya membahayakan keselamatan pesawat dan satu tuduhan terkait gangguan yang cenderung membahayakan keselamatan atau menyebabkan kerugian atau kerusakan.

Kepala unit kriminial di AFP, Chris Sheehan, mengatakan, pelanggaran itu memiliki konsekuensi hukuman maksimal hingga 20 tahun penjara.

"Langkah-langkah keamanan di industri penerbangan saat ini begitu kuat, dan masyarakat yang bepergian harus diyakinkan bahwa kami menangani masalah ini dengan tepat," tulis Chris dalam sebuah pernyataan.

"Insiden ini diselidiki secara menyeluruh oleh AFP dengan dukungan teknis dari lembaga Airservices dan ACMA (Otoritas Komunikasi dan Media Australia)," lanjutnya.

Dugaan transmisi tipuan itu berlangsung selama satu bulan antara tanggal 5 September dan 3 November tahun ini.

Pemuda yang menjadi terdakwa itu muncul di persidangan pada Selasa (22/11) siang. Ia tak mengajukan pembebasan bersyarat.

Minggu depan, ia dijadwalkan untuk kembali mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Melbourne.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterjemahkan: 16:10 WIB 22/11/2016 oleh Nurina Savitri.