ABC

Praktek Suntik Botox Di NSW Diperketat

Praktisi medis kosmetik di New South Wales (NSW) akan menghadapi peraturan yang lebih ketat, termasuk pelanggaran baru untuk berlatih di fasilitas yang tidak berlisensi dan peraturan yang lebih ketat untuk melakukan suntikan botox.

Departemen Kesehatan NSW telah merilis laporan yang membuat sembilan rekomendasi untuk lebih mengatur pasar prosedur kosmetik yang sedang booming, termasuk aturan ketat tentang apa yang disebut "modifikasi badan ekstrim"

Rekomendasi ini juga mendesak konsumen untuk lebih berhati-hati dan melakukan penelitian sebelum melakukan prosedur kecantikan.

Kajian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan NSW ini dipicu oleh kematian Jean Huang yang berusia 35 tahun, yang meninggal setelah menjalani prosedur kosmetik yang gagal di Medi Beauty Clinic, yang ia kelola di Chippendale, di pinggiran Kota Sydney, NSW.

Dia mengalami serangan jantung setelah diberi dosis anestesi yang salah saat melakukan implant payudara. Dua wanita, turis Cina, Jie Shao dan lulusan Yueqiong Fu, kemudian dituduh melakukan pembunuhan.

"NSW sudah memiliki beberapa undang-undang terkuat di Australia untuk mengatur operasi dan prosedur kosmetik, dan langkah-langkah baru ini didasarkan pada peraturan yang ada," kata otorotas Kesehatan NSW Kerry Chant.

Dr Kerry Chant mengatakan bahwa Pemerintah NSW telah berjanji untuk melaksanakan seluruhnya dari sembilan rekomendasi yang diajukan laporan itu.

Dia mengatakan sementara lebih banyak peraturan dan hukum akan membantu melindungi konsumen, langkah ini juga tergantung pada orang yang mencari perawatan untuk melakukan penelitian mereka dan memastikan mereka menerima perawatan dari praktisi medis yang berkualitas.

"Jika seseorang mengaku sebagai dokter atau perawat, cari di situs web Australian Health Practitioner Regulation Agency (AHPRA) untuk melihat apakah praktisi itu terdaftar di sini," kata Dr Kerry Chant.

Rekomendasi tersebut termasuk pelanggaran baru bagi praktisi medis yang melakukan prosedur kosmetik di fasilitas yang tidak berlisensi dan peraturan yang lebih ketat seputar penggunaan beberapa obat-obatan.

Praktek Botox diperketat

Rekomendasi ini juga menyoroti obat-obatan seperti toksin botulinum (dikenal secara luas dengan nama merek Botox) dan menyerukan regulasi yang lebih kuat dan pengawasan obat di tingkat nasional untuk memastikan penerapan yang tepat dan untuk mencegah impor ilegal obat-obatan dari luar negeri. 

Laporan itu juga menyerukan pembatasan ketat pada "prosedur modifikasi tubuh ekstrim", termasuk peraturan baru yang memaksa penyedia layanan untuk menginformasikan klien tentang risiko tindakan itu.

Bedah modifikasi tubuh melibatkan dengan sengaja mengubah bagian tubuh seperti memasukkan bentuk plastik atau tanduk di bawah kulit atau "pembagian lidah" - di mana, seperti istilahnya, lidah dibagi menjadi dua.

Laporan tersebut mencatat bahwa banyak masalah seputar prosedur kosmetik dilaporkan ke Lembaga perlindungan konsumen dan perdagangan yang adil, dan laporan tersebut merekomendasikan NSW Health bekerja secara kolaboratif dengan NSW Fair Trading untuk meningkatkan kesadaran konsumen.

Presiden dari Australian Medical Association (AMA) NSW, Brad Frankum mengatakan bahwa peningkatan regulasi ini penting, demikian juga dengan berpikir untuk "sangat hati-hati tentang prosedur kecantikan ... baik itu bedah atau non-bedah".

"Semua prosedur memiliki risiko yang terkait dengan mereka dan potensi efek samping.

"Risiko ini akan meningkat secara signifikan jika prosedur ini yang dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki akreditasi yang sesuai atau dilakukan di fasilitas yang tidak pantas."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.