ABC

Porsi Ideal Schnitzel, Pasta dan Steak yang Direkomendasikan

Berapa besar sebenarnya porsi penyajian yang direkomendasikan untuk schnitzel (ayam panir), steak, pasta atau sayuran? Hasilnya pasti akan mengejutkan anda.

Sebuah proposal untuk mengurangi ukuran penyajian schnitzels di pub di Adelaid oleh oraganisasi pengurangan limbah Kesab drew telah memicu kritik luas.

Warga yang mendukung porsi besar schnitzel di Adelaide mengatakan adalah hak mereka untuk mengkonsumsi steak bersalut tepung panir berukuran 500-gram, namun pakar gizi Julie Gilbert mengatakan dari penghitungan kalorinya saja harusnya sudah membuat orang menjauhi makanan itu.
"Sebenarnya itu sama saja dengan memakan 10 lembar roti dalam sekali duduk,” kata Gilbert.
"Kami pikir tantangan memakan schnitzel berukuran 500gram adalah sesuatu yang ditawarkan pada pengunjung, tanpa mereka menyadari kalau itu adalah porsi makanan yang sangat besar dan untuk membakarnya perlu berjalan selama 10 jam,”
Porsi yang direkomendasikan?
Gilbert mengatakan porsi yang direkomendasikan untuk satu porsi daging adalah 100 gram.
"Pria bertubuh lebih besar mungkin bisa menambah porsinya menjadi 150 gram, yang kira-kira akan seukuran telapak tangan saja,”
Dia mengatakan pengunjung harus diarahkan untuk mengisi setengah dari piring mereka dengan sayuran.
"Itu tidak termasuk sayuran yang mengandung karbohidrat seperti kentang atau ubi jalar."
Gilbert mengatakan porsi sayuran harus sekitar 1-1-dan setengah cangkir.
"Itu akan ukurannya sebesar telapak tangan dan kemudian anda mengepalkannya,”
Sementara porsi yang direkomendasikan untuk pasta juga jauh lebih kecil daripada yang diperkirakan kebanyakan orang, Gilbert menambahkan.
"Porsi pasta itu sebenarnya hanya setengah cangkir - dan yang sudah dimasak," katanya.
Porsi penyajian yang direkomendasikan untuk buah adalah 150 gram, keju porsinya harus sama seperti kotak korek api, dan satu cangkir kopi standard serupa dengan porsi yang dianjurkan untuk susu.
Era distorsi porsi
Gilbert mengatakan peningkatan porsi makanan yang terjadi selama 30 tahun terakhir mencengangkan.
"Kita sering didorong oleh nilai uang," katanya.
"Itu mungkin baik tapi hanya jika kita lakukan pada acara khusus, tapi karena kita sekarang makan lebih teratur, ini yang bisa memicu masalah
Gilbert mengatakan ukuran porsi harian yang direkomendasikan dari kelompok makanan adalah sebagai berikut:
• Buah – 2 porsi
• Sayuran — 5
• Susu — tiga
• Gandum dan sereal — antara 3-4 (tergantung kegiatan)
• Daging – 2 hingga 3 porsi
"Di Australia kita pasti melebihi porsi yang dianjurkan, sampai orang menilai kita perlu diet protein tinggi, sebagian besar dari kita sudah mencapai tahapan itu," katanya.
Sementara itu, sejumlah warga menyarankan beberapa tanggapan baru untuk rencana mengurangi ukuran schnitzel di Adelaide yang dijual di pub pada umumnya.
"Setiap kali kita membeli makanan, istri saya dan saya memesan satu porsi dan dua piring. Porsinya besar sekali bagi kami," kata Robert Pattison dari Hackham.
"Restoran harus menyadari kalau udang adalah jamak," kata warga yang lain.
"Pub tampaknya menganggap setiap vegetarian memesan udang untuk menurunkan berat badan, tetapi kurangnya porsi daging berarti saya perlu lebih banyak bukan jumlah makanan yang sedikit,” kata Sam.
"Aldgate pub yang digunakan untuk melakukan tantangan makan schnitzel ukuran besar yang disebut Parmageddon," tambah Todd.
"Menyingkir dari schnitzel besar saya," Robert dari truk tersebut.
"Saya tidak pernah tidak menghabiskan schnitzel saya atau schnitzel istri saya," tambahnya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini. Diterjemahkan pukul 21:55 wib, 02/08/2016, oleh Iffah Nur Arifah.