ABC

Politisi Kontroversial Salim Mehajer Ditahan Polisi di Sydney

Mantan wakil walikota kotapraja Auburn di Sydney, Salim Mehajer telah ditahan oleh polisi berkenaan dengan kecewlakaan mobil yang dialaminya di Sydney Barat bulan Oktober tahun lalu.

Pria berusia 31 tahun tersebut sedang dalam perjalanan ke gedung pengadilan guna menghadapi tuduhan penganiayaan terhadap sopir taksi, ketika kemudian Mehajer sendiri mengalami kecelakaan.

Peristiwa tanggal 16 Oktober tersebut terjadi di persimpangan antara Nicholas dan Delhi Street, Lidcombe, antara mobil Mercedez AMG milik Mehajer dengan sebuah mobil Mitsubishi Outlander.

Setelah tabrakan, Mehajer dirawat oleh paramedis dihadapan para wartawan televisi dan kemudian dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Westmead.

Meskipun pengacara Mehajer, Brett Galloway mengatakan kliennya adalah penumpang di dalam mobil yang bertabrakan itu, namun gambar dari lokasi kejadian menunjukkan bawha Mehajer dipindahkan dari kursi pengendara di mobil Mercedes tersebut.

Salim Mehajer ketika terlibat dalam kecelakaan 'serius' dalam perjalanan ke pengadilan bulan Oktober lalu
Salim Mehajer ketika terlibat dalam kecelakaan 'serius' dalam perjalanan ke pengadilan bulan Oktober lalu

News Video

Detective Superintendent Philip Rogerson dari Kepolisian NSW mengatakan tabrakan itu menjadi 'hal yang tidak bisa diterima'.

"Ini tidak bisa diterima oleh polisi, khususnya petugas bantuan yang harus membebaskan dia di hari itu, keluar dari mobilnya, dan jelasnya perusahaan asuransi dan juga orang seperti kita yang harus membayar biaya asuransi." kata Rogerson.

Sebelum jam 7 pagi hari Selasa (23/1/2018), polisi menahan Mehajer di rumah barunya di kawasan elit Sydney Vaucluse.

Dia sekarang sedang ditanyai di Kantor Polisi Waverley.

Salim Mehajer menjadi bahan pemberitaan menyusul pernikahan mewah yang dijalaninya dua tahun lalu yang menimbulkan protes warga di sekitar rumahnya karena hadirnya banyak tamu untuk perkawinan tersebut.

Ketika itu dia masih menjadi wakil walikota kotapraja Auburn, dan setelah kontroversi tersebut, Mehajer menceraikan istrinya dan kemudian terlibat dalam beberapa peristiwa.

Polisi menggerebek setelah kecelakaan

Bulan November, beberapa minggu setelah kecelakan, polisi mendatangi rumah Mehajer sebagai bagian dari penyelidikan mereka, dan kemudian membawa beberapa kotak dari rumah tersebut.

Di saat kejadian, pengacara Mehajer Brett Galloway mengatakan kecelakaan itu sengaja dibuat untuk menunda proses hukum sebagai hal yang 'konyol.'

"Hal seperti ini terjadi." katanya.

"Hal yang buruk terjadi di waktu yang salah. Kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk menghindarinya."

Tuduhan yang akan dihadapi Mehajer di pengadilan kala itu adalah berkenaan dengan tuduhan penganiayaan terhadap sopir taksi di pelataran Star Casino bulan April.

Polisi mengatakan bahwa Mehajer melempar mesin eftpos (mesin pemproses kartu pembayaran) milik pengemudi taksi ke arah pengemudi tersebut dan juga mengambil telepon dan melemparnya ke luar taksi.

Polisi: Mungkin bakal ada penahanan lain

Polisi mengatakan dua pria lain, berusia 28 tahun dan 30 tahun, serta seorang perempuan berusia 31 tahun juga ditahan.

Mehajer dan pria berusia 28 tahun tersebut yang ditahan di Kantor Polisi Bankstown, diperkirakan akan dikenai tuduhan mencoba menghambatnya jalannya persidangan, dan berkomplot untuk menipu.

Detective Superintendent Rogerson mengatakan penipuan berkenaan dengan klaim asuransi, dan menghambat jalannya persidangan berkenaan dengan ketidakhadiran Mehajer di persidangan di hari dia mengalami kecelakaan.

Polisi mengatakan bahwa penyelidikan mereka belum selesai, dan masih akan ada penahanan lain lagi.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini