ABC

Politisi di Australia Ajukan Dirinya ke Komisi Anti-Korupsi

Pemimpin Oposisi di negara bagian Victoria, Australia, Matthew Guy, mengambil langkah luar biasa untuk mengajukan dirinya sendiri ke badan pengawas korupsi negara bagian itu, setelah hadir di acara makan malam bersama dengan terduga bos mafia di Melbourne, di sebuah restoran lobster.

Tindakan ini terjadi setelah investigasi program Four Corners milik Fairfax Media mengungkap bahwa Guy berada di sebuah acara makan malam awal tahun ini, yang juga dihadiri oleh terduga pemimpin mafia, Tony Madafferi.

Guy mengatakan bahwa ia yakin dirinya tidak melakukan kesalahan apapun ketika menghadiri makan malam itu.

"Begitu yakin akan tindakan saya dalam hal ini -kenyataan bahwa saya mencari atau meminta sumbangan politik, kenyataan bahwa saya menghadiri sebuah pertemuan untuk membahas hal-hal yang saya jelaskan ke media pagi ini -saya ingin mengajukan diri saya sendiri untuk diselidiki sepenuhnya," kata Guy.

Guy mengatakan, ia yakin bahwa mengajukan dirinya sendiri  ke Komisi Pemberantasan Korupsi Independen (IBAC) adalah "hal yang tepat untuk dilakukan".

"Saya percaya ini akan membereskan masalah terkait kejujuran yang diajukan atau disindir beberapa orang hari ini," sebutnya.

"Ini adalah cara yang sangat jelas, kuat, proaktif untuk mengatakan bahwa saya percaya bahwa saya tidak melakukan kesalahan apa-apa, dan jika seseorang berpikir sebaliknya, akan mudah bagi mereka untuk maju dan membuktikannya atau untuk menyatakannya."

Guy membuat pengumuman tersebut setelah diam-diam merekam panggilan telepon yang mempertanyakan klaim dirinya sendiri bahwa ia tidak tahu bahwa akan bertemu dengan Madafferi di restoran tersebut.

Matthew Guy mengatakan, ia tak diberitahu secara pribadi bahwa Tony Madafferi akan berada di makan malam itu.
Matthew Guy mengatakan, ia tak diberitahu secara pribadi bahwa Tony Madafferi akan berada di makan malam itu.

Fairfax Media

Seorang tokoh Partai Liberal yang mengatur makan malam itu, yakni Barrie Macmillan, terekam mengatakan bahwa ia secara pribadi telah memberi tahu kantor Guy mengenai kehadiran Madafferi saat makan malam, dan menekankan perlunya menjaga kerahasiaan rapat tersebut.

"Saya harus meneruskan nama-nama itu ke sekretaris pribadi Matthew Guy. Saya harus melakukan semuanya melalui dia (sekretaris). Semuanya dilakukan dengan diam-diam," kata Macmillan -yang juga menghadiri makan malam tersebut -dalam rekaman itu.

Tapi Guy mengatakan bahwa ia tidak diberi tahu secara pribadi siapa yang akan menghadiri makan malam itu.

"Saya telah diberitahu bahwa panggilan telepon ke kantor saya disertakan dengan ... beberapa nama, salah satunya adalah Antonio Madafferi, yang tidak disampaikan kepada saya," ujar Guy.

"Saya menerima itu adalah nama yang disampaikan ke kantor saya, itu tidak disampaikan kepada saya. Antonio Madafferi bukanlah nama yang mengingatkan seseorang akan kemungkinan penyelidikan."

Guy mengatakan proses di kantornya perlu diperbaiki.

Madafferi adalah pengusaha buah dan sayuran besar dan pemilik waralaba pizza La Porchetta, yang telah berulang kali dituduh oleh polisi di pengadilan sebagai pejabat mafia Melbourne.

Dalam sebuah pernyataan tersumpah yang diajukan ke pengadilan pada bulan Juni untuk mendukung larangan terhadap Madafferi dari Crown Casino dan semua trek pacuan kuda di negara bagian Victoria, polisi mengatakan bahwa pihak mereka memiliki 'data intelijen substansial" yang menunjukkan bahwa Madafferi memiliki "keterlibatan yang substansial dan erat dengan tindakan kriminal yang serius termasuk impor obat bius, pembunuhan dan pemerasan".

Guy telah menumbuhkan persona "tegas terhadap kejahatan" sebagai pemimpin Oposisi.

Namun ia sebelumnya telah mendapat peringatan tentang berhubungan dengan tokoh-tokoh yang diduga mafia, setelah ia mengklaim sebagai menteri perencanaan "tanpa disadari" ia menjadi daya tarik pada penggalangan dana tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Madafferi di propertinya di wilayah Docklands.

Ia mengatakan kepada media yang hadir bahwa ia belum pernah bertemu dengan Madaffari sebelum makan malam di restoran Cafe Lobster awal tahun ini, dan tidak mengenalinya saat Madaffari tiba.

"Sampai saya bertemu dengannya di bulan April, saya tidak tahu seperti apa penampilannya, karena itulah saya bertanya kepada Frank [Lamattina] tentang nama belakang Tony," aku Madaffari.

Guy juga membela komentar awalnya bahwa makan malam tersebut diselenggarakan oleh anggota Partai Liberal dan eksekutif AUSVEG (Asosiasi Industri Sayuran dan Kentang) Victoria, Frank Lamattina, untuk mendiskusikan pasar buah dan sayuran di wilayah Epping, dan tidak ada pembicaraan mengenai sumbangan politik.

"Saya tidak tahu hubungan antara Frank dan Barrie. Frank Lamattina adalah kontak yang saya kenal ... sejak lama.
Frank Lamattina menyelenggarakan makan malam itu. Mereka adalah keluarga Frank, bukan keluarga Barrie," sebutnya.

Restoran The Lobster Cave
Restoran The Lobster Cave di tenggara Melbourne, tempat di mana pemimpin Oposisi Victoria, Matthew Guy, menghadiri makan malam Bersama Tony Madafferi.

Four Corners

Ia mengatakan bahwa percakapan telepon yang tercatat akan menjadi bagian dari bukti yang seharusnya diajukan ke IBAC untuk penyelidikan.

Wakil Menteri Utama Victoria, James Merlino, menuduh Guy menggunakan IBAC sebagai pengalih perhatian, dan Guy telah "gagal dalam ujian karakter" dengan menghadiri makan malam bersama Madafferi.

"Matthew Guy tahu persis apa yang ia lakukan, dan ia tahu itu salah dan ia tertangkap hari ini," ujarnya.

"Ini bukan masalah tentang pengajuan dirinya ke IBAC - ini adalah masalah tentang karakter dan keputusannya."

Guy telah meminta Menteri Utama Victora, Daniel Andrews, untuk menjamin bahwa anggota Parlemen Partai Buruh tidak pernah bertemu dengan Madafferi.

Merlino mengatakan bahwa ia tidak pernah, dan juga tidak tahu rekan-rekannya pernah melakukan hal itu.

Dinilai ofensif

Macmillan dipahami sebagai pihak yang menyelenggarakan acara tersebut dengan Lamattina karena Madafferi dan kerabatnya adalah donor Partai Liberal sejak lama, dan karena Lamattina, pada penggalangan dana sebelumnya, telah dijanjikan makan malam pribadi oleh Guy.

Guy dengan keras membantah bahwa ia pergi makan malam untuk meminta sumbangan demi mengimbangi posisi keuangan Partai Liberal yang sulit, setelah kehilangan sebagian donor tradisionalnya akibat sebuah pertengkaran dengan pejabat partai.

"Sudah disimpulkan bahwa saya pergi ke sana mencari uang. Itu sepenuhnya dan sama sekali salah, itu sangat menyinggung perasaan.”

"Saya tidak pergi ke sana untuk tujuan itu, saya pergi ke sana untuk tujuan yang saya jelaskan."

Guy mengatakan bahwa Direktur Partai Liberal di negara bagian Victoria tidak dapat menemukan bukti bahwa partai tersebut telah menerima sumbangan dari salah satu peserta saat makan malam.

Diterjemahkan pukul 10:00 AEST 9/8/2017 oleh Nurina Savitri. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.